Semen Gresik Siap Penuhi Kebutuhan di Kaltim

Direktur komersil Semen Gresik Mukhamad Saifuddin dan Bambang Djoko S

BALIKPAPAN — Memenuhi kebutuhan dasar untuk infrastruktur di Kalimantan Timur, anak perusahaan Semen Indonesia, PT Semen Gresik yang berada di Jawa Timur mulai mengoperasikan pengepakan di Kariangau dengan realisasi produk saat ini perharinya mencapai 300-400 sak atau 50 Kg,

 

“Itu realisasinya tapi dari sisi kemampuan pabrik mampu mencapai 1.700 ton per hari. Ini untuk antisipasi pertumbuhan permintaan di Kalimantan Timur,” terang Direktur komersil Semen Gresik Mukhamad Saifuddin disela-sela Gathering customer Semen Gresik di Balikpapan, beberapa hari yang lalu.

Dia menyebutkan, semen Gresik pada tahun ini memiliki volume produksinya 14 juta ton lebih tahunnya. Di pabrik Semen Banyuwangi telah mampu memproduksi sekitar 1700 ton per hari.

“ Rencana 2016 kita buat di rembang Jawa Tengah dengan kapasitas 3 juta ton per tahun. Ini bagian dari distirubsi supply untuk Kaltim juga,” sambungnya.

Pada semester I diakui Saifuddin bisnis secara umum termasuk semen mengalami penurunan minus 4 persen dibandingkan tahun 2014. Hal itu karena perlambatan ekonomi termasuk perubahan nomenklatur sehingga semester I penyerapan anggaran belum maksimal. 

Sementara di semester II mengalami kenaikan taj. Karena penyerapan anggaran berjalan dan ini jadi trigger roda ekonomi lain. “Namun semester II awal kuartal IV ada pertumbuhan yang eksponensial. Penyerapan anggaran jalan dan ini jadi trigger roda ekonomi lain,” serunya kepada wartawan. 

Adapun market share usahanya untuk Balikpapan, PEnajam Paser Utara (PPU) dan Paser serta wilayah kaltim sekitarnya masih kecil yakni sekitar 7 persen. “Leadernya disini tonasa 50 Tonasa,  lalu ada juga bosowa, Tiga Roda, Holcim, dan lainya Chone. Kita  sekitar 7 persen kuasai market share di Kalimantan Timur,” imbuh Bambang Djoko S GM selaku Sales Semen Gresik.

Namun ia optimis dengan kondisi Kaltim yang terus membangun seperti rel kereta, Tol Balikpapan –Samarinda diperkirakan pertumbuhan permintaan semen akan terus meningkat.  “ Ini opportunity. Tadikan disebtukan packing plant sampai 1700 ton per hari. Artinya itu masih ada peluang yang cukup,” katanya.

JURNALIS : FERRY CAHYANTI

Jurnalis Cendana News wilayah Balikpapan, gabung dengan Cendana News sejak awal tahun 2015. Sebelum bergabung dengan Cendana News, menjadi jurnalis di beberapa media online dan cetak lokal. 

Akun twitter @fer_rry
Editor : ME. Bijo Dirajo / Fotografer : Ferry Cahyanti

Lihat juga...