Siswa SMP Gelar Tahlil dan Tabur Bunga di TMP Surabaya

Tabur bunga
SURABAYA — Peringati Hari Pahlawan Nasional 10 November, siswa SMP Ta’miriyah gelar acara tahlil, kirim doa dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Surabaya.
Siswa kelas VIII, Indah Aulia Damayanti mengungkapkan, sudah dua kali mengikuti ziarah makam ke TMP. Menurutnya, dengan ziarah ia bisa lebih menghargai jasa para pahlawan dan juga mengirim doa langsung.
“Selain itu saya bisa lebih menghargai dengan cara tidak pilih-pilih kasih terhadap teman dan menjunjung tinggi pancasila,” terangnya kepada Cendana News, Senin (09/11/2015).
Sementara itu, pengajar PPKN, M. Salamatil Qalbi menjelaskan, kegiatan ziarah makam ke TMP sebagai upaya pembelajaran menanamkan jiwa seperti pahlawan dengan cara memperingati hari pahlawan.
“Anak-anak juga harus bisa menghormati jasa pahlawan. Selain itu, dapat mengenang jasa para pahlawan yang rela berkorban demi bangsa dan negara,” tegasnya.
Menurutnya, bisa menanamkan kerelaan dengan cara menomorsatukan bela bangsa dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
“Apalagi perjuangan para pahlawan semuanya tanpa pamrih, meskipun mengorbankan harta, jiwa dan raga. Hal itu yang harus ditanamkan ke anak didik kami,” terangnya.
Harapannya, supaya anak-anak rajin belajar, tekun dan giat. Kalau dulu para pahlawan berjuang secara fisik, sekarang para siswa mampu mengisi kemerdekaan dengan cara siswa mampu belajar dengan tekun dan berprestasi.

Tahlil

JURNALIS : CHAROLIN PEBRIANTI

Jurnalis Cendana News wilayah Jawa Timur. Gabung dengan Cendana News Mei 2015. 

Akun twitter : @charolineemoo

Lihat juga...