Sri Paduka Paku Alam IX Dimakamkan Minggu Siang

Jenazah berada di rumah duka

YOGYAKARTA — KGPA Adipati Puro Paku Alaman IX, akan dimakamkan hari ini, Minggu (22/11/2015) di pemakaman Kagungan Ndalem Astana Giri Gondho dusun Kaligintung, Temon, Kulonprogo, Yogyakarta. Jenazah akan diberangkatkan dari rumah duka Puro Paku Alaman pukul 12.30 wib dan diharapkan pemakaman selesai sebelum waktu solat Ashar.
KPH Indro Kusumo memberikan keterangan

Demikian dijelaskan Kanjeng Pangeran Haryo Indro Kusumo, Pengageng Kawedanan Budaya Lan Pariwisata Puro Paku Alaman, mewakili keluarga besar Puro Paku Alaman, Sabtu (21/11/2015), malam di Pendopo Sewodanan. Kanjeng Indro mengatakan, sebelum jenazah diberangkatkan akan dilakukan upacara adat dimulai sejak pagi hari. Namun demikian, Kanjeng Indro memastikan tidak prosesi pemberangkatan jenazah akan berlangsung singkat, tanpa ada sambutan dan protokoler pejabat.

Begitu jenazah siap diberangkatkan, upacara tlusupan sebagai simbol penghormatan terakhir akan dilakukan oleh ketiga putra almarhum dan kelima cucunya.
Dijelaskan, seluruh kerabat dan abdi dalem diharuskan mengenakan busana adat jawi jangkep atau lengkap dengan keris sebagai perlengkap.
“Sesuai adat juga tidak semua kerabat akan ikut ke makam. Akan ada sebagian yang tinggal di Puro Paku Alaman”. jelasnya.
Sri Paduka Paku Alam IX, meninggalkan tiga orang putra dam lima orang cucu. Ada pun ketiga putra almarhum adalah Kanjeng Bendoro Pangeran Harya Prabu Suryodilogo yang merupakan putra mahkota, Bendoro Pangeran Haryo Haryoseno dan Bendoro Pangeran Haryo Danardono Wijoyo.

“Jenazah almarhum akan disemayamkan di samping makam permaisuri yang telah lama mendahukui, KGB Adipati Paku Alam”, pungkasnya. 

Keluarga dan kerabat hadir di rumah duka

JURNALIS : KOKO TRIARKO

Jurnalis Cendana News wilayah DI.Yogyakarta. Bergabung dengan Cendana News bulan Agustus 2015. Sebelum bergabung di Cendana News, jurnalis, penulis dan fotografer di beberapa media cetak lokal.

Akun twitter @KOKOCND
Lihat juga...