Tahapan Pemilukada di Maluku Masuki Pencetakan Surat Suara

Ketua KPU Provinsi Maluku, Musa Toekan
AMBON — Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku, Musa Toekan menyebutkan, tahapan pemilukada serentak mtelah mamasuki pencetakan surat suara. Pencentakan sendiri dilaksanakan di Makassar dan Surabaya.
“Tahapan persiapan Pemilihan Kepala Daerah serentak bulan depan di empat Kabupaten di Maluku, Seram Bagian Timur, Buru Selatan, Kepulauan Aru dan Maluku Barat Daya, sedang dicetak surat suara oleh perusahaan yang memenangi tender logistik di Makassar dan Surabaya,” kata Musa Toekan di ruang kerjanya, Rabu (18/11/2015).
Soal kesiapan logistik, Musa berharap, pada 20  November 2015 ini, surat suara sudah selesai dan tiba di kabupaten masing-masing yang akan melaksanakan pesta politik lima tahunan tersebut.
“Harapan kita sesuai jadwal, yaitu pada 20 November 2015, surat suara sudah selesai dicetak dan sudah berada di empat kabupaten agar dilakukan pelipatan dan disortir seterusnya didistribusikan menjelang hari H,” jelasnya.
Antisipasi kondisi geografik khususnya Kabupaten Maluku Barat Daya, kata Musa, untuk pendistribusian logistik, secara teknis akan digunakan sama dengan saat Pilpres 2014.
“Karena masalah rentan kendali pulau-pulau, sehingga pendistribusian logistik, tetap menggunakan kapal yang mengelilingi semua kecamatan, dan balik lagi untuk menarik logistik hasil rekapitulasi tingkat PPK,” paparnya.
Jika semuanya berjalan sesuai jadwal tahapan pilkada yang sudah ditetapkan pemerintah, maka pada 18 Desember 2015, Musa Toekan memastikan bisa ditetapkan pemenang Bupati dan Wakil Bupati masing-masing empat kabupaten di maluku tersebut.
“Jadi, kalau sesuai jadwal jika semuanya berjalan secara baik, maka kita bisa pastikan pilkada empat kabupaten di Maluku itu, penetapan pemenang KPU pada 18 Desember 2015,” pungkasnya.
JURNALIS : SAMAD VANATH SALLATALOHY

Jurnalis Cendana News wilayah Maluku. Sebelum bergabung dengan Cendana News sudah menjadi jurnalis di beberapa media cetak lokal. Bergabung Cendana News mulai pertengahan 2015.

Akun twitter : @vanlohy
Lihat juga...