Tak Terdaftar DPT, Warga Bisa Gunakan KTP dan KK

Surat suara yang siap disortir
BALIKPAPAN — Bagi warga Balikpapan yang belum terdaftar pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) pilkada 2015 ini masih bisa menyalurkan hak suaranya ke Tempat Pemungutan Suara (TPS). 
“Asalkan memiliki KTP Balikpapan, masih bias mencoblos langsung datang ke TPS dengan menunjukkan KTP dan KK,” ungkap Komisioner KPU Balikpapan Endang Susilowati. 
Endang menerangkan sejak DPT telah ditetapkan, maka tak bisa lagi menambahkan calon pemilih baru yang belum terdaftar. Mereka yang tidak terdaftar pada DPT kebanyakan karena pindah tempat tinggal, warga yang juga tidak mau cari tahu sudah terdaftar pada DPT atau belum karena apatis. Lainnya ada sebagian petugas yang kurang cermat dalam pencatatan.
Menurutnya, KPU telah bekerja maksimal dalam pendataan DPT hingga penetapan jumlah DPT. Sedangkan untuk sosialisasi juga telah dilakukan dengan maksimal baik dalam bentuk pamflet, spanduk, bentuk lainnya. Saat ini jumlah DPT Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) kota Balikpapan sebanyak 451.782. Data tersebut telah ditetapkan oleh KPU. 
Sementara itu, proses penyortiran surat suara masih berlangsung di kantor KPUD Balikpapan dengan penjagaan personil kepolisian.  Komisioner Bidang Logistik KPU Balikpapan Purwo Atmojo mengungkapkan jumlah surat suara untuk pelaksanaan Pilkada tahun ini sebanyak 463.076 daftar pemlih tetap (DPT). 
Surat suara yang disediakan juga ditambah dengan 2,5 persen suara dari total daftar pemilih tetap atau setara dengan 2.000 surat suara cadangan. 
Adapun logistik lainnya seperti bilik suara juga telah disiapkan dan didistribusikan saat masa tenang. 
JURNALIS : FERRY CAHYANTI

Jurnalis Cendana News wilayah Balikpapan, gabung dengan Cendana News sejak awal tahun 2015. Sebelum bergabung dengan Cendana News, menjadi jurnalis di beberapa media online dan cetak lokal. 

Akun twitter @fer_rry
Editor : ME. Bijo Dirajo / Fotografer : Ferry Cahyanti
Lihat juga...