Tarik Wisatawan, Pemprov DKI Gelar Pameran JTE di Balikpapan

Konfrensi Pers Jakarta Toursm Expo

BALIKPAPAN — Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara ke Ibu Kota Negara, Pemprov DKI kembali menggelar Jakarta Toursm Expo (JTE) di kota Balikpapan. 
“Selain mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan Nusantara  bagi PAD DKI kita juga ikut perkenalkan kota Balikpapan. Karena banyak sekali masyarakat Balikpapan yang berkunjung dan berlibur ke Jakarta,” ungkap Kasi Promosi Pariwisata Dalam Negeri Dinas Pariwisata DKI Jakarta Umuarsih Badriyah dalam penjelasan JTE, Kamis (26/11/2015).
Dia mengatakan, JTE  yang digelar di Kota Balikpapan  karena sebagai salah satu kota di Kaltim  yang memiliki income perkapita tertinggi kedua setelah Jakarta. Tentunya potensi pertumbumbuhan ekonomi, arus barang dan orang yang sangat tinggi menjadi salah satu pertimbangan JTE kembali digelar di kota minyak ini.
“Dalam JTE kita akan gelar table diner, pemaran umum-crazy sale dan paket-paket tour bersama dua airline Citilink dan Sriwijaya Air,” tuturnya.
Selama pelaksanan JTE di empat kota, Badriyah menjelaskan, telah terjadi transaksi penjualan paket wisata yang cukup memuaskan seperti kota Medan terjadi transaksi sebesar Rp1,7 miliar, kota Makasar Rp1,8 miliar, Pontianak Rp 2,1 miliar dan Surabaya Rp1,7 miliar. 
“ Khusus Balikpapan kita berharap dapat mencapai 100 persen yakni Rp2,5 miliar. Kalau dibandingkan tahun lalu sekitar Rp1,3 miliar transaksi yang dibukukan,” paparnya.
Pameran JTE 2015 di E Walk akan berlangsung selama tiga hari yakni Jumat, Sabtu dan Minggu.dari tiga hari itu ada  Hour Crazy Sale yakni menawarkan harga kamar bintang hanya Rp99 ribupermalam, dengan diskon tiket pesawat hingga 50 persen. “
 Itu kita jual saat Crazy sale jam 18.30-19.30 Hari minggu. Itu berlaku mulai tanggal 28 November hingga 31 Januari tapi ada periode yang tidak berlaku saat peak sesoan 12 Desember -2 Januari ,” ujar Indra Anggoro dari panitia JTE 2015.
Di kota Balikpapan, penyelenggaraan JTE merupakan kali ketiga dan pada tahun ini menjadi kota terakhir penyelenggaraan yang sebelumnya telah digelar diempat kota yakni Medan, Makasar, Pontianak dan Surabaya.

JURNALIS : FERRY CAHYANTI

Jurnalis Cendana News wilayah Balikpapan, gabung dengan Cendana News sejak awal tahun 2015. Sebelum bergabung dengan Cendana News, menjadi jurnalis di beberapa media online dan cetak lokal. 

Akun twitter @fer_rry
Editor : ME. Bijo Dirajo / Fotografer : Ferry Cahyanti
Lihat juga...