Tebar Pesona, Poktan Melati Giat Produksi Pupuk Organik

FLORES — Kelompok Tani (poktan) Melati di Propinsi NTT terus memproduksi pupuk bokasi untuk mencukupi kebutuhan pupuk organik untuk pertanian di berbagai wilayah di Kabupaten Manggarai, Flores. Sejauh ini kelompok usaha yang berlokasi di Dusun Nterlango, Desa Pocolikang, Kecamatan Ruteng tersebut sudah berhasil menebar pesona organik kepada banyak konsumen dari kalangan masyarakat petani dan para pegiat lingkungan hidup setempat.
Ketua Poktan Melati, Kanisius Jek kepada Cendana News mengatakan, pupuk bokasi yang diproduksi kelompoknya sudah banyak menjawab permintaan dari para konsumen luar kekompok. Mereka berasal dari kalangan masyarakat petani dan pelbagai lembaga yang bergerak di bidang lingkungan hidup. 
“Kita produksi ini untuk kebutuhan sendiri dan permintaan dari luar. Baru-baru kami drop di Pagal, ada proyek penghijauan dari Dinas Kehutanan Kabupaten Manggarai. Itu sebanyak 328 karung. Tiap karung berukuran 50 kilogram. Kita jadi mitra kerja. 
Beberapa bulan lalu juga kita drop ke Iteng. Ada 14 ton. Petani di sana yang terima, kelompok juga bidang usaha tanaman hortikultura,” ungkap pria yang meraih juara pertama Lomba Budidaya Tanaman Tingkat Propinsi NTT pada tahun 2014 di sela-sela aktivitasnya di Dusun Nterlango, Sabtu (14/11/2015).
Kasiat istimewa pupuk bokasi produksi Poktan Melati disebutkan sudah terbukti di lapangan. Konsumen pengguna menemukan ada kelebihan pada hasil tanaman jika dibandingkan dengan ketika menggunakan pupuk organik lain ataupun pupuk kimia. Kanis menyebut keunggulan pupuk bokasi yang diproduksi kelompoknya terletak pada cara pembuatan yang khas. [JURNALIS : FONSI ECONG]
Lihat juga...