Tekan PHK, Balikpapan Himbau Perusahaan Hemat Biaya Operasional

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi
BALIKPAPAN — Menyusul perlamabatan yang terus terjadi, Pemerintah Kota Balikpapan menghimbau seluruh perusahaan yang berada di daerah tersebut untuk melakukan penghematan  sumber daya air dan listrik serta pengurangan jam lembur.
“Ini dalam rangka penurunan biaya operasional perusahaan,” kata Wali Kota, Rizal Effendi di Balikpapan, Senin (23/11/2015).
Disebutkan, dengan adanya penekanan biaya operasional akan memperkecil kemungkinan pemutusan hubungan kerja. Sehingga angka pengangguran di Balikpapan tidak bertambah.
Disebutkan, persoalan PHK akibat perlambatan ekonomi nasional yang berdampak pada daerah menjadi perhatian bersama. Pelambatan ekonomi awalnya diprediksi dapat meningkatkan jumlah pengangguran sebanyak 22.315 orang pada bulan Desember mendatang, meski kenyataannya berbanding terbalik dengan kondisi di lapangan. 
“Akan tetapi hal ini berbanding terbalik dengan kenyataan bahwa tingkat pengangguran di Kota menurun dari 7,87 persen menjadi 7,56 persen. meskipun tingkat pengangguran mengalami penurunan namun kita tetap melakukan upaya-upaya mengantisipasi peningkatan pengangguran akibat PHK,” jabarnya, Senin (23/11/2015).
Selain itu, juga mengaktifkan peran lembaga kerjasama (LKS) tripartite dan advokasi  kepada pengusaha untuk tidak melakukan PHK serta pelatihan dan sertifikasi kompetensi karyawan melalui lembaga pelatihan milik perusahaan.  
Rizal mengakui persoalan ini juga mendapat perhatian dari DPRD kota. Untuk itu, pihaknya bekerja keras, sistematis dan tepat sasaran dalam mengembangkan dan memperkuat ekonomi lokal. Sehingga PHK dapat diminimalkan.
Sementara itu, Pemerintah kota mengalokasikan anggaran Rp 2 miliar untuk pelatihan soft skills dan teknis yang dianggarakan pada RAPBD 2016. 
“Anggaran itu nantinya digunakan untuk pelatihan soft skills melalui pelatihan berbasih kompetensi dan masyarakat atau wirausaha baru,” tutupnya.
JURNALIS : FERRY CAHYANTI

Jurnalis Cendana News wilayah Balikpapan, gabung dengan Cendana News sejak awal tahun 2015. Sebelum bergabung dengan Cendana News, menjadi jurnalis di beberapa media online dan cetak lokal. 

Akun twitter @fer_rry
Editor : ME. Bijo Dirajo / Fotografer : Ferry Cahyanti
Lihat juga...