Tenaga Ahli Gattindo Siap Layani 17 Pemda di Sulawesi Tenggara

Ketua DPD Gattindo Sultra, Hasdar
KENDARI — Asosiasi Gabungan Tenaga Tehnik Indonesia (Gattindo) hadir di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk memberikan jaminan kualitas pengerjaan proyek yang dikelola oleh Pemerintah Daerah.
“Kehadiran Asosiasi Gattindo di Sultra dalam rangka menjawab kebutuhan dan persyaratan pemerintah kabupaten dan kota, terkait pekerjaan proyek fisik yang menggunakan dana APBD dan APNN,” ungkap Ketua DPD Gattindo Sultra, Hasdar kepada Cendana News, Senin (23/11/2015).
Disebutkan, sejak terbentuk 27 Agustus 2015, anggota Gattindo Sultra yang saat ini berjumlah 20 orang telah mengantongi sertifikat ahli madya dibidang arsitektur, bidang sipil dan bidang mekanikal. 
“Sedangkan bidang tata lingkungan masih dalam persiapan, karena masih akan didatangkan assesor tata lingkungan dari pusat untuk melatih dan menguji di Sultra,”sebutnya.
Hasdar yang juga menekuni usaha jasa konstruksi mengungkapkan, sebelum Gattindo terbentuk di Sultra, kendala utama yang dihadapi penyedia jasa konstruksi adalah sulitnya memperoleh tenaga ahli yang memiliki sertifikat resmi. Padahal pada saat mengikuti tender elektronik, sudah disyaratkan oleh pemerintah daerah selaku pengelola dan pemilik pekerjaan.
Disebutkan, untuk memenuhi persyaratan tender, kadang harus meminjam sertifikat tenaga ahli dari Makassar Sulawesi Selatan, Surabaya Jawa Timur dan DKI Jakarta. 
“Baru pinjam nama tenaga ahli saja, sudah jutaan yang harus dibayar. Padahal baru mau ikut tender, untung kalau jadi pemenang tender. Nah kalau tidak, berarti sudah jelas kerugian bagi pengusaha jasa konstruksi,” jelasnya.
Kalaupun perusahaan dinyatakan pemenang tender, maka tenaga ahli itu harus didatangkan. Semua biaya akomodasi, transportasi dan honor ditanggung oleh perusahaan. 
“Pokoknya high cost mendatangkan tenaga ahli dari luar Sultra. Tapi dengan hadirnya Gattindo di Sultra, maka biaya tenaga ahli dapat ditekan, ” jelasnya lagi.
Dan yang lebih penting lagi, kata Hasdar, kualitas proyek pemerintah di seluruh kabupaten dan kota akan lebih baik dibandingkan sebelumnya. Tenaga ahli asal Sultra tentu juga berpikir lebih rasional demi menjaga reputasi profesi.
DPD Gattindo Sultra sudah mampu memenuhi permintaan Pemerintah Kota Kendari dan Baubau. Kemudian Kabupaten Konawe, Konawe Selatan, Konawe Utara, Kolaka, Kolaka Timur, Kolaka Utara dan Bombana. Demikian halnya permintaan dari Kabupaten Konawe Kepulauan, Buton Utara, Muna, Muna Barat, Buton, Buton Selatan, Buton Tengah dan Wakatobi.
JURNALIS : RUSTAM

Jurnalis Cendana News wilayah Sulawesi Tenggara. Sebelum bergabung dengan Cendana News sudah menjadi wartawan di beberapa media cetak lokal maupun nasional. Gabung dengan Cendana News Oktober 2015. 

Akun twitter : @rustamcnd 
Editor : ME. Bijo Dirajo / Fotografer : Rustam
Lihat juga...