Terkendala Lokasi, Pembangunan Pabrik Aspal Buton Molor dari Jadwal

Ujicoba Aspal Buton
KENDARI — Pembangunan Pabrik Aspal Buton yang dimulai sejak Juni hingga Desember 2015 diperkirakan molor dari jadwal yang ditargetkan. Hal tersebut dikarenakan adanya perpindahan lokasi yang sebelumnya tidak cocok karena berada di lahan yang labil.
“Salah pilih lokasi karena tekstur tanahnya labil, akhirnya dibongkar dan dibangun lagi di tempat yang baru. Namanya pabrik untuk jangka panjang, bukan untuk satu dua tahun saja. Jadi kita perkirakan tahun ini belum bisa diresmikan,” ujar Wakil Bupati Buton, La Bakri kepada wartawan, Kamis (19/11/2015).
Disebutkan, Pabrik Aspal Buton yang saat ini dibangun direncanakan untuk memasok aspal keberbagai wilayah Indonesia. Jenis aspal yang diproduksi antara lain, aspal Buton A99, A25, ARMA, Mofail oil, dan A60 yang merupakan produk unggulan dan sudah diuji coba di daerah lain di Indonesia.
“Jenis aspal yang pernah di uji di Purwakarta itu jenis A25 dan A60, dan itu semua untuk jalan. Sedangkan jenis A99 akan dijadikan bahan industri karena banyak produk-produk yang membutuhkan bahan baku aspal,” jelas La Bakri.
Berdasarkan hasil eksplorasi, jumlah deposit aspal Buton yang terkandung dalam perut bumi Buton mencapai 677 juta ton. Kadar aspal antara 15 sampai 40 persen, jauh lebih tinggi bila dibandingkan kadar aspal import yang berasal dari Amerika Serikat hanya 12 sampai 15 persen, aspal dari Perancis 6 sampai 10 persen saja.
Bila aspal Buton yang pernah dirintis Presiden ke – 2 Republik Indonesia, Soeharto menjadi tuan di negeri sendiri, maka diperkirakan akan menghemat devisa negara sampai triliunan dalam setahun. Dijelaskan, harga aspal Buton Rp 1,1 juta per ton, sedangkan aspal import sekitar Rp 4,4 juta per ton.
Tambang aspal Buton
JURNALIS : RUSTAM

Jurnalis Cendana News wilayah Sulawesi Tenggara. Sebelum bergabung dengan Cendana News sudah menjadi wartawan di beberapa media cetak lokal maupun nasional. Gabung dengan Cendana News Oktober 2015. 

Akun twitter : @rustamcnd 
Lihat juga...