Tiga Kecamatan di Ambon Menunggak Raskin

AMBON — Kepala Bidang Pelayanan Publik Perum Bulog (Diver) Maluku, Kadir Kosso, kepada Cendana News di Ambon, Minggu (15/11/2015) mendesak tiga kecamatan di Kota Ambon provinsi Maluku, segera melunasi hutang beras miskin mereka.
Kadir Kosso menyebut, tiga Kecamatan di kota Ambon penunggak hutang raskin tersebut adalah, Kecamatan Sirimau, Kecamatan Nusaniwe dan Kecamatan Leitimur Selatan.
“Dari catatan Perum Bulog Maluku, tiga kecamatan di kota Ambon ini masih memiliki utang Raskin,” katanya.
Tunggakan Kecamatan Nusaniwe tahun 2013 berjumlah  Rp 221.378.000, tahun 2014 Rp 107.704.000.
Sedangkan Kecamatan Leitimur Selatan tahun 2014 sebesar Rp 57.322.000. Untuk Kecamatan Sirimau memiliki sisa utang pada tahun 2014 sebesar Rp.178.608.000.
Alasannya, dua kecamatan tersebut belum membayar raskin. “Dari lima kecamatan di Kota Ambon, hanya dua kecamatan ini saja yang masih menunggak pembayaran raskin,” katanya.
Perum Bulog Divre Maluku akan terus mendesak agar segera dilakukan pembayaran raskin. “Jika tidak dibayar maka kami akan menempuh jalur hukum, sebab telah menyusahkan masyarakat miskin yang ada di dua kecamatan itu,”sebutnya.
Berangkat dari tunggakan utang Raskin tersebut, kata Kadir Kosso, Perum Bulog Divre Maluku sudah berkerjasama dengan Kejaksaan Tinggi Maluku.
“Tujuannya, jika ada kecamatan yang tidak melunasi tunggakan Raskin, maka akan diambil alih oleh Kejaksaan Tinggi Maluku,” katanya.
Untuk kesejahteraan masyarakat, lanjut Kadir Kosso, maka kepercayaan yang sudah dibebani kepada pihak terkait di Kecamatan harus dihargai dengan jalan membayar sisa utang Raskin ke Perum Bulog Maluku.
Dia menegaskan, jika utang tidak dibayar maka penyaluran Raskin berikutnya, perum Bulog Maluku tidak akan mendistribusikan kepada pihak yang suka menunggak atau berutang.
“Selanjutnya, kita menyerahkan masalah ini kepada Kejaksaan Tinggi Maluku guna diproses sesuai ketentuan hukum yang berlaku,” katanya.
JURNALIS : SAMAD VANATH SALLATALOHY

Jurnalis Cendana News wilayah Maluku. Sebelum bergabung dengan Cendana News sudah menjadi jurnalis di beberapa media cetak lokal. Bergabung Cendana News mulai pertengahan 2015.

Akun twitter : @vanlohy
Lihat juga...