Tingkatkan PAD, Dishub Balikpapan akan Naikan Tarif Parkir

Gerbang Kota Balikpapan
BALIKPAPAN — Meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari retribusi, Pemerintah Kota melalui Dinas Perhubungan Balikpapan segera memberlakukan tarif baru kendaraan. Dimana bagi kendaraan bermotor dari Rp.2000 menjadi Rp.3000.
“Untuk menaikkan retribusi tarif parkir, kami sudah mengajukan perubahan retribusi tarif parkir. Hal ini berlaku progresif perjamnya,” terang Kepala Dinas Perhubungan Balikpapan Sudirman Djayaleksana, Minggu (29/11/2015).
Sudirman mengatakan, saat ini tengah dilakukan pendataan lokasi-lokasi mana saja yang potensi pemasukan daerah dari parkir. Pendataan baik pada lokasi yang dipungut sendiri maupun dengan pihak ketiga. 
Menurutnya, secara kasat mata banyak lokasi parkir yang tidak dikelola Dinas Perhubungan kota melainkan masih dikelola secara tidak resmi oleh perorangan. Karena itu, pendataan mulai dengan melihat potensi mana saja yang potensi dikelola.
Sementara untuk kawasan RSS Damai akan menjadi salah satu pilot projek penerapan retribusi parkir tepi jalan yang akan disesuaikan tarifnya. 
” Titik-titik parkir itu tidak bisa langsung diterapkan. Nanti kita coba pilot projeknya disitu,” kata Dirman panggilan akrabnya.
Pada tahun 2016 ini diakui Sudirman target yang ditetapkan pemerintah kota bersama DPRD untuk retribusi parkir meningkat tiga kali lipat yakni sebelumnya hanya Rp.1,3 miliar tahun 2015 menjadi Rp.5 miliar pada tahun depan. Target ini menjadi tanggungjawab Dishub kedepan. 
“ Ya kita coba liat kedepanya, yang penting kita berusaha,” katanya.
Namun demikian, pihaknya menambahkan tarif parkir yang naik bukan parkir dikawasan seperti mall karena itu masuk pajak parkir, namun yang bakal naik adalah retribusi di tepi jalan yang dikelola Dinas Perhubungan Balikpapan.
JURNALIS : FERRY CAHYANTI

Jurnalis Cendana News wilayah Balikpapan, gabung dengan Cendana News sejak awal tahun 2015. Sebelum bergabung dengan Cendana News, menjadi jurnalis di beberapa media online dan cetak lokal. 

Akun twitter @fer_rry
Editor : ME. Bijo Dirajo / Fotografer : Ferry Cahyanti
Lihat juga...