Titiek Soeharto Serahkan Bansos UPPO Senilai Rp.230 Juta di Sleman

Penyerahan Bansos UPPO 2015
SLEMAN — Titiek Soeharto serahkan bantuan sosial (Bansos) Unit Pengelolaan Pupuk Organik (UPPO) senilai Rp. 230 Juta kepada empat kelompok tani ternak di Sleman, Yogyakarta, Sabtu (14/11/2015). Penerima bantuan tersebut berasal dari desa Tempel, Mlati, Turi dan Seyegan.
Dijelaskan, bantuan sosial 2015 tersebut berasal dari Kementerian Pertanian, yang disalurkan melalui jalur aspirasi yang ditujukan untuk memperbaiki dan memenuhi kebutuhan pupuk. Metode bantuan yakni berupa bangunan rumah kompos, kendaraan roda tiga, dan bangunan ternak komunal.
“Penyaluran ini dipercayakan melalui jalur aspirasi, yang artinya penentuan penerima bantuan ini dilakukan oleh anggota dewan. Ini dilakukan sebagai upaya pemerintah untuk menyejahterakan petani secara langsung,” jelas Titiek yang didampingi pengelola agrowisata, Drh. Wagimin Taruna.
Sementara itu, Drh. Wagimin menjelaskan, pada dasarnya peternakan intgrated itu adalah sistem beternak dengan beragam pengolahan pakan yang dibuat sendiri, pengolahan limbah ternak dengan membuatnya sebagai bahan gas alternatif yaitu biogas dan pupuk, yang dilakukan dalam satu lokasi sehingga semua hal yang dihasilkan dari peternakan itu tidak ada yang dibuang percuma.
Wagimin menjelaskan, ada 16 jenis kelinci terdiri dari kelinci import dan lokal di agrowisata yang dikelolanya itu. Selain itu juga tiga jenis kambing yaitu Kambing Sanen dari negara Swiss, Kambing Etawa dari Kaligesing, dan Kambing Sapera yang merupakan hasil persilangan dari Kambing PE dan Sanen.
Usai berkeliling meninjau zona peternakan integrated, Titiek Soeharto lalu menuju joglo pertemuan, di mana sejumlah petani dari beberapa desa di Sleman telah menunggu untuk bersambung rasa sekaligus menerima bantuan sosial dari Kementerian Pertanian RI. Hadir dalam sambungrasa dan temu wicara tersebut, Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Sleman dan Sekretaris Dinas Pertanian setempat.
Meninjau peternakan integrated kelinci
JURNALIS : KOKO TRIARKO

Jurnalis Cendana News wilayah DI.Yogyakarta. Bergabung dengan Cendana News bulan Agustus 2015. Sebelum bergabung di Cendana News, jurnalis, penulis dan fotografer di beberapa media cetak lokal.

Akun twitter @KOKOCND
Lihat juga...