Titiek Soeharto: Tekan Kemiskinan, Pemerintah Harus Bantu Posdaya

Bersama Hasto Wardoyo, Titiek Soeharto serahkan bantuan Rp.30juta
KULONPROGO — Mempercepat pengentasan kemiskinan, Pemerintah Pusat dan Daerah sudah saatnya turun tangan melanjutkan segala hal yang selama ini telah dilakukan oleh Pos Pemberdayaan Masyarakat (Posdaya) di berbagai pelosok desa.
“Sudah saatnya pemerintah daerah dan pusat turun tangan turut berperan menjadi eksekutor dari beragan permasalahan yang telah dipetakan oleh posdaya,”sebut Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Siti Hediati Hariyadi yang akrab disapa Titiek Soeharto saat menghadiri Gebyar Posdaya se-Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta, Jumat (13/11/2015).
Titiek melihat, saat ini posdaya sudah memetakan permasalahan yang dihadapi desa. Sebagai contoh di Kabupaten Kulonprogo, tepatnya di bidang kesehatan, posdaya mampu memetakan kerawanan gangguan kesehatan dan mengangkat masyarakat dari garis kemiskinan, namun hal tersebut harus segera dibantu dan ditindaklanjuti oleh pemerintah.
“Tidak mungkin masyarakat bisa sendirian mengatasi persoalan itu, harus ada peran serta dari pemerintah,”katanya.
Dalam kesempatan tersebut, Titiek juga mengapresiasi pembangunan di Kulonprogo, yang menurutnya cukup pesat. Namun demikian, Titiek juga mengingatkan, jika masyarakat masih banyak yang sengsara. Bahkan, masyarakat masih berada dalam situasi ironi, karena di negeri yang kaya sumber alam ini, negara masih mengimport berbahai bahan kebutuhan pokok. 
“Maka dengan Posdaya ini, sebenarnya bisa mempercepat pengentasan kemiskinan, dan pemerintah daerah dan pusat bisa bersinergi sehingga posdaya semakin bisa berkarya lebih cepat lagi,”katanya.
Dalam gebyar posdaya se kabupaten Kulonprogo, diungkap berbagai prestasi puluhan posdaya di kabupaten tersebut. Titiek sangat mengapresiasi keberhasilan posdaya di kabupaten itu, yang telah berhasil memajukan desanya 
Sementara itu, Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo mengatakan, kebijakan Pemkab dalam mendukung kemajuan posdaya dan pemberdayaan masyarakat secara lebih luas, di antaranya dengan menyebar industri-industri ke desa-desa sehingga warga terlibat dalam proaes produksi. Bahkan dalam produksi industri kreatif, di wilayah Kulonprogo sudah sangat maju. Dikatakan, masyarakat selalu menyambut baik selama pemerintah menjamin pemasarannya. 
“Kita ingin mengawinkan perusahaan industri dan investor dengan warga sebagai pelaksana,”jelas Hasto.
Dalam Gebyar Posdaya Kabupaten Kulonprogo, juga dilakukan penandatanganan pemberian dana bantuan korban bencana dari Yayasan Gotong-royong Siti Hartinah, sebesar Rp. 30 Juta. Bantuan diserahakan melalui Bupati Kulonorogo dan dilakukan penandatanganan penyerahan bantuan tersebut oleh Titiek Soeharto.
Acara berlangsung meriah dengan pengundian doorprize berupa 20 pasangan ayam, bebek dan entok, serta dua ekor kambing.
Gebyar Posdaya sekabupaten Kulonprogo, digelar pula beragam hasil produksi kreatif dari 10 posdaya di Kulonprogo. Hadir dalam acara yang meriah dengan pementasan tarian tradisional yang rancak, Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo dan wabup Sutedjo, Prof. Haryono Suyono salah satu pendiri Yayasan Damandiri dan tokoh penggerak posdaya, Kadinas Koperasi Kulonprogo Sri Harmintati, dan dua muspika Pengasih dan Wates, juga lima perwakilan Yayasan Soeharto terdiri dari Damandiri, Supersemar, Trikora, Gotong-Royong, dan Amal Muslim Pancasila.
Titiek berikan Dorprize seekor kambing

Talkshow bersama Haryono Suyono
JURNALIS : KOKO TRIARKO

Jurnalis Cendana News wilayah DI.Yogyakarta. Bergabung dengan Cendana News bulan Agustus 2015. Sebelum bergabung di Cendana News, jurnalis, penulis dan fotografer di beberapa media cetak lokal.

Akun twitter @KOKOCND
Lihat juga...