Transparansi Pengelolaan Dana Desa di NTT Dikeluhkan Masyarakat

Salah satu proyek pengairan yang dibangun menggunakan dana desa 
FLORES — Warga Desa Jaong di Kecamatan Satarmese, Kabupaten Manggarai, Flores Barat NTT mengeluhkan rendahnya transparansi pengelolaan dana desa. Padahal keterbukaan tersebut merupakan salah satu poin penting dalam pencapaian target pembangunan.
Seorang tokoh masyarakat Desa Jaong, Rafael Jerubu mengatakan, keterbukaan terkait dengan pengelolaan Dana Desa merupakan hal yang sangat diharapkan oleh warga masyarakat. Hal tersebut sayangnya tidak demikian yang terjadi di Desa Jaong. Rancangan anggaran belanja di balik penerimaan Dana Desa sejauh ini tidak diketahui oleh masyarakat luas di desanya sebab keterlibatan warga cenderung dikebiri.
“Kita tidak tahu persis berapa Dana yang masuk ke Desa Jaong. Jumlahnya diinformasikan ratusan juta rupiah. Paling kurang masyarakat luas di desa ini perlu tahu juga berapa dana yang ada dan mau dipakai untuk buat apa. Itu kita harus tahu,” ungkap Rafael di Jaong, Senin (23/11/2015).
Rafael sangat menyayangkan sikap pemerintah di desanya yang tidak terbuka dalam mengelola dana yang ada. Ketidakterbukaan menyebabkan banyak bukti pemanfaatan dana yang tidak menyentuh skala prioritas. Hal tersebut, kata dia, semestinya tidak terjadi jika pemerintah melibatkan suara warga dalam menyusun anggaran.
“Tidak salah kalau ada program yang sebenarnya warga belum perlu. Sementara yang sangat dibutuhkan, itu tidak dilihat,” imbuhnya kepada Cendana News.
Warga Kampung Golonderu ini lebih jauh menuding, bukti program yang sudah dilakukan di desanya pada tahun anggaran 2015 ini belum bisa menjadi representasi jumlah dana yang ada. Hal tersebut disampaikannya menyusul informasi kehabisan dana yang disampaikan aparat desa setempat sebelumnya pada saat rapat warga mengenai rencana pembangunan jaringan air bersih di RT 003, Dusun Laing. Dirinya mengakui tidak masuk akal ketika dana yang ada tiba-tiba diinformasikan sudah habis digunakan.[JURNALIS : FONSI ECONG]
Editor : ME. Bijo Dirajo / Fotografer : Fonsi Econg
Lihat juga...