UK Petra Ciptakan Sepeda Statis Penghasil Listrik

SURABAYA — Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya menciptakan sepeda statis penghasil listrik guna memudahkan pembelajaran bagi mahasiswa yang ingin belajar mengenai sumber daya listrik yang didapatkan dari gerakan mekanik.
David Imani Nugroho (21 tahun) mahasiswa semester 7 Jurusan Teknik Elektro UK Petra mengaku dengan adanya sepeda statis ini, ia bisa belajar dan memahami bagaimana proses dari gerakan mekanik bisa menjadi sumber listrik.
“Sepeda statis ini dikayuh kemudian dari kayuhan tersebut disalurkan ke aki, lalu disalurkan lewat kabel ke lampu-lampu, nanti lampu-lampu tersebut akan menyala seiring bertambahnya energi listrik yang dicapai,” terangnya kepada Cendana News, Sabtu (14/11/2015).
Menurutnya, sistem mekanik dari sepeda statis ini bisa digunakan untuk pembangkit listrik di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).
“Sistemnya dari jumlah putaran yang semakin cepat maka akan berbanding lurus dengan banyaknya energi listrik yang dihasilkan,” ujarnya.
Selama mengayuh sepedanya kencang dan cepat maka lampu yang menyala akan semakin banyak. Alurnya mulai dari cepatnya kayuhan berakibat daya hasilnya yang lebih sehingga generator bisa mengalirkan listrik ke lampu yang sudah terpasang vertikal, mulai dari paling bawah hingga paling atas.
“Kalau sepeda statis ini tegangannya mencapai 14-15 Volt dan arusnya masih searah,” katanya.
Dengan gerakan mekanik tersebut diharapkan bisa mengurangi kebutuhan listrik nasional yang berasal dari batu bara. Dikarenakan energi alternatif sekarang memang sangat dibutuhkan, mengingat semakin sedikitnya sumber daya alam yang sudah dimanfaatkan dari ratusan tahun lalu. Tetapi, masih perlu pembenahan agar terlihat lebih baik dan sempurna lagi.
JURNALIS : CHAROLIN PEBRIANTI

Jurnalis Cendana News wilayah Jawa Timur. Gabung dengan Cendana News Mei 2015. 

Akun twitter : @charolineemoo
Lihat juga...