UMK Balikpapan Tahun 2016 Disepakati Naik Rp5.500

BALIKPAPAN — Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Disnakersos) kota Balikpapan menyepakati kenaikan Upah Minimum Kota (UMK) Balikpapan pada tahun 2016 sebesar Rp5.500. Sehingga UMK Balikpapan tahun 2016 menjadi Rp2.225.000 dari tahun ini sebesar Rp2.219.500.
Kepala Disnaker Balikpapan Tirta Dewi mengungkapkan. dari hasil yang dirumuskan itu nantinya akan direkomendasikan dan diserahkan ke Wali kota dan akan diserahkan juga Gubernur Provinsi Kalimantan Timur. 
“Angka itu masih rekomendasi dan itu hasil dari pertemuan yang dilakukan bersama instansi yang masuk dalam dewan pengupahan,” terangnya, Senin (09/11/2015).
Menurutnya, angka yang sudah diputuskan itu berdasarkan pertumbuhan ekonomi kota, kebutuhan hidup layak (KHL) dan beberapa pertimbangan lainnya. 
“Artinya kita cari win-win solution UMK ini,” ujarnya.
Apabila angka UMK itu disetujui, Lanjut Tirta akan mesosialisasikan kepada perusahaan yang ada di Balikpapan dan perusahaan wajib membayarkan upah kepada karyawannya sebagai batas minimumnya.
Sementara itu, Ketika disinggung mengenai Perusahaan yang tidak merealisasikan UMK tahun 2104 sampai kini Tirta menambahkan masih dibawah 20 perusahaan dari total 2.056 yang terdata di Disnakersos. “Yang belum mampu merealisasikannya masih kecil jumlahnya. Masih bisa dihitung dengan jari,” jabarnya.
Sanksinya bagi mereka yang belum bayar gaji karyawan dengan minimum yang sudah ditetapkan masih dalam pembinaan dan pembayaran dilakukan dengan merafelnya.
Di kesempatan yang berbeda, Ketua DPC Federasi Serikat Buruh Balikpapan Rudolf Wetik menilai kenaikan UMK itu mengacu pada undang-undang nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan.
Undang-undang tersebut sudah jelas mengatur kenaikan UMK yang disesuaikandengan pertumbuhan ekonomo dan inflasi. 
“Kita mengerti apa yang diinginkan oleh dewan pengupahan tapi jangan segitu juga dong kenaikannya. Kita harus lihat pertumbuhan ekonomi di Balikpapan, dan sekarang berapa pertumbuhan ekonomi Balikpapan,” pungkasnya.

JURNALIS : FERRY CAHYANTI

Jurnalis Cendana News wilayah Balikpapan, gabung dengan Cendana News sejak awal tahun 2015. Sebelum bergabung dengan Cendana News, menjadi jurnalis di beberapa media online dan cetak lokal.

Akun twitter @fer_rry

Lihat juga...