UNAIR Gelar Pekan Warisan Budaya dan Ekonomi Kreatif

SURABAYA — Universitas Airlangga (Unair) Surabaya menggelar pekan warisan budaya dan ekonomi kreatif di gedung Airlangga Convention Center dari tanggal 17-20 November 2015.
Ketua panitia penyelenggara, Prof. Dr. Bambang Tjahyadi, M.Si., menjelaskan jika acara ini digelar dalam rangkaian menjelang dies natalis Unair ke 61 tahun.
“Selain itu, budaya merupakan landasan penggerak pembangunan serta sebagai khazanah bangsa Indonesia,” terangnya kepada Cendana News, Selasa (17/11/2015).
Menurutnya, budaya merupakan hasil dari cipta, rasa, dan karsa masyarakat yang diturunkan secara turun temurun. Selain itu, hasil dari seni budaya juga bisa menjadi ekonomi kreatif misalnya, keris, batik, dan wayang.
Di acara ini ada pameran stan batik, pameran wayang dan pameran keris. Seluruh barang yang dipamerkan tersebut merupakan hasil karya dari UKM di kawasan Surabaya. Keris yang dipamerkan sebanyak 300 buah, yang berasal dari para kolektor keris.
“Pengetahuan tentang pendidikan budaya sejak dini juga perlu dilakukan dan juga komunitas pecinta budaya sebagai penggerak masyarakat harus digalakan, agar budaya Indonesia tetap lestari,” jelasnya.
Selain itu, menghadapi MEA yang rencananya akhir tahun ini dibuka, UKM dengan ekonomi kreatif diharapkan bisa lebih maju, dan merupakan kesempatan emas, untuk diperkenalkan ke kancah internasional.
“Tetapi, juga harus diingat generasi muda harus membentengi diri dari serbuan budaya asing yang berusaha masuk,” tandasnya.
JURNALIS : CHAROLIN PEBRIANTI

Jurnalis Cendana News wilayah Jawa Timur. Gabung dengan Cendana News Mei 2015. 

Akun twitter : @charolineemoo
Lihat juga...