Veteran NTB Berharap Bisa Dapatkan Bantuan Rumah Layak Huni

MATARAM — Meski sudah mengabdi membela Negara Kesatuan Republik Indonesia sampai sekian puluhan tahun, tidak semua mantan veteran memiliki kehidupan layak, baik dari sisi kesejahteraan ekonomi maupun tempat tinggal layak huni, seperti veteran asal NTB.
“Tidak semua mantan veteran asal NTB memiliki rumah layak huni, bahkan sebagian di antaranya ada yang tidak memiliki rumah dan tinggal di rumah anak maupun keluarga lain,” kata Ketua Legiun veteran NTB, H. Abdul Kadir, Selasa (10/11/2015).
Karena itu, Kadir, momentum peringatan hari pahlawan nasional sekarang, dirinya bersama veteran lain meminta kepada Pemda NTB untuk membantu memperjuangkan mantan veteran asal NTB bisa mendapatkan rumah layak huni dan renovasi rumah veteran yang ada tapi sudah tua, melalui dana CSR BUMN.
Ia menyebutkan, dulu sebelum ada Undang – Undang yang mengatur tentang veteran, kehidupan pensiunan veteran demikian memperihatinkan, tapi semenjak peraturan pemerintah dan UU yang mengatur tentang veteran pada tahun 2009 baru ada diberikan dana kehormatan veteran dan perintis kemerdekaan senilai 1 juta lebih setiap bulan.
“Bagaimanapun keberadaan veteran dan para pejuang kemerdekaan lain tidak bisa dipungkiri telah banyak berjasa bagi kedaulatan NKRI, karena itu sudah sepantasnya memang mendapatkan penghargaan layak dari pemerintah atas jasa – jasanya,” ungkapnya.
Lebih lanjut, Kadir mengatakan, jumlah veteran di NTB sendiri sekarang ini mencapai 624 orang dan delapan di antaranya telah meninggal.
JURNALIS : TURMUZI

Jurnalis Cendana News wilayah NTB. Bergabung dengan Cendana News sejak awal tahun 2015. Sebelum bergabung dengan Cendana News, jurnalis dan fotografer lepas untuk beberapa media online dan cetak.

Akun twitter : @muzitur00
Lihat juga...