Warga Kota Ambon Jalani Operasi Urologi dan Bibir Sumbing Gratis

AMBON – Sebanyak 21 orang warga Kota Ambon, Provinsi Maluku, hingga Jumat (20/11/2015) sudah menjalani operasi Urologi dan Bibir Sumbing. Operasi gratis ini dilakukan Dinas Kesehatan bentuk kerjasama antara Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, dengan Pemerintah Vlissingen, Belanda yang dilaksanakan pada 12 – 25 November 2015.

Kepala Dinas Kesehatan kota Ambon, Treesje Tory memastikan sudah 21 pasien yang telah menjalani operasi urologi dan bibir sumbing di RSUD Dr Haulussy Ambon.

Dikatakan, operasi bibir sumbing dan urologi melibatkan empat dokter ahli dari Belanda didukung tim dokter dan perawat dari RSUD Haulussy Ambon.

Menurutnya, tim medis terdiri atas dokter ahli bedah plastik, anestesi serta tenaga medis dari Vlissingen, serta didukung tim dokter dan perawat dari RSUD Haulussy untuk membantu proses operasi.

Disebutkan, pasien yang telah terdaftar sebanyak 60 orang, dipastikan akan mengalami penambahan. Untuk itu, pihaknya akan berupaya agar hingga akhir pelaksanaan seluruh pasien dapat menjalani proses operasi sesuai yang diharapkan.

“Pasien yang akan menjalani dipastikan akan terus bertambah. Operasi gratis ini ditujukan bagi warga Kota Ambon yang tidak mampu dan dapat mendaftarkan di Dinas Kesehatan Kota Ambon atau Puskesmas terdekat,” imbuhnya.

Tory juga mengakui, kalau operasi dilaksanakan setiap tahun dan ditujukan kepada masyarakat miskin di kota Ambon.

Disebutkan, pada 2014 tercatat 75 pasien berhasil dilakukan tindakan operasi oleh tim dokter. Dan pada 2015 tim Vlissingen belum menargetkan jumlah pasien yang akan menjalani operasi, diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk memeriksakan kesehatan.

“Jadi semakin banyak masyarakat yang mendaftar semakin bagus, tergantung kesiapan para dokter karena waktu melakukan operasi di Ambon selama dua minggu, sehingga diharapkan masyarakat untuk mendaftarkan diri,” tukasnya.

Kesempatan yang sama, Wakil Wali Kota Vlissingen, Albert Vader juga berkesempatan untuk mengunjungi RSUD Dr Haulussy untuk meninjau proses operasi yang dilakukan tim dokter.

JURNALIS : SAMAD VANATH SALLATALOHY

Jurnalis Cendana News wilayah Maluku. Sebelum bergabung dengan Cendana News sudah menjadi jurnalis di beberapa media cetak lokal. Bergabung Cendana News mulai pertengahan 2015.

Akun twitter : @vanlohy

Lihat juga...