Warga Temukan Bom Aktif di Gunung Potong Minahasa Tenggara

Anggota Brimob Amankan
Lokasi pemuan bom aktif
MANADO — Sebuah BOM aktif berukuran 30 cm ditemukan di jalan lingkar Gunung Potong Kabuparen Minahasa Tenggara pada Minggu (29/11/2015). Dansat Brimob Polda Sulut Anis Viktor Brukman saat dihubungi Cendana News pada Minggu (29/11/2015) malam mengatakan, BOM aktif awalnya ditemukan oleh warga yang sedang melintas di jalan tersebut yang melihat benda mencurigakan, karena takut terjadi sesuatu warga kemudian menghubungi pemerintah setempat, dan selanjutnya ditindak lanjuti denan menghubungi pihak keamanan.
“Kita turun ke TPK setelah mendapat laporan dari masyarakat bahwa ada benda yang ditemukan mirip BOM, kemudian kita amankan dan membawa ke markas untuk diteliti,” katanya.
Menurut Viktor Brukman, BOM aktif itu diduga milik peninggalan jepang yang disimpan saat terjadi perang di masa lalu di tanah Minahasa. Memang langkah yang dilakukan oleh masyarakat sudah tepat agar tidak jatuh korban jiwa.
“BOM ini masih aktif meski umurnya sudah tua, namun jika meledak bisa mengancam jiwa manusia, apa lagi ukurannya besar seperti buah nenas,” kata mantan Kapolres Minahasa Utara itu kepada Cendana News.
Brukaman berharap masyarakat tetap waspada jika melihat barang atau benda mencurigakan dan jika perlu segera melaporkan pada pemerintah dan aparat setempat agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.
“BOM yang ditemukan saat ini masih didalam tanah, namun bentuknya jelas kelihatan sehingga saat dievakuasi dilakukan oleh tim Jihandak BRIMOB dengan sangat hati-hati,” pungkasnya.
JURNALIS : ISHAK KUSRANT

Jurnalis Cendana News wilayah Sulawesi Utara. Bergabung dengan Cendana News sejak bulan September 2015. Sebelum bergabung dengan Cendana News, jurnalis dan fotografer di beberapa media online, media cetak dan radio.

Akun twitter : @IKusrant
Editor : ME. Bijo Dirajo / Sumber Foto : Doc Narsum
Lihat juga...