Warga Terjatuh, Perahu Bertabrakan Warnai Ruwat Laut di Kalianda

LAMPUNG — Pelaksanaan tradisi ruwat laut di Kalianda Lampung Selatan berlangsung meriah. Antusias warga terlihat mulai dari prosesi arak arakan di sekitar jalan jalan kota Kalianda hingga ikut naik ke perahu untuk mengiring perahu yang akan dilarung sekitar 2 mil dari dermaga Boom Kalianda tersebut.

Menjelang sampai di titik prosesi sesaji akan dilarung, sebuah insiden terjadi saat beberapa perahu berjalan beriringan. Seorang warga yang ikut dalam prosesi tersebut sempat terjatuh dari perahu akibat besarnya ombak dan warga bernama Asmin (35) tersebut tak sempat menjaga keseimbangan sebelum akhirnya terjebur ke laut.

“Sesaat setelah warga terjebur ke laut ia langsung ditolong dengan menggunakan sebuah papan penutup bok ikan, beruntung banyak perahu yang berada di lokasi korban terjatuh sehingga bisa cepat ditolong,”ungkap Wawan salah satu juru kemudi perahu nelayan Putra Alif yang ikut ditumpangi jurnalis Cendananews.com Minggu (22/11/2015).

Puluhan perahu nelayan yang dihias tersebut bahkan dipenuhi oleh para orangtua yang mengajak serta anak anak yang masih balita dan sebagian anak anak lainnya. Sesampainya di titik yang ditentukan miniatur perahu yang berisi sesaji segera dilarung setelah tetua adat mendoakan dan memohon keselamatan bagi para nelayan yang mencari ikan di perairan Kalianda.

Miniatur perahu tersebut segera menjadi rebutan bahkan perahu perahu saling mendekat. Akibatnya sebuah perahu berukuran 10 GT tertabrak di bagian buritan dan pecah di bagian papan buritan. Beruntung penumpang kapal tersebut sebagian segera dipindah ke perahu lain untuk mengurangi beban.

Prosesi ruwat laut nelayan Kalianda digelar dalam rangkaian beberapa kegiatan diantaranya kesenian serta kegiatan masyarakat untuk bisa menikmati kuliner berbahan dasar ikan di TPI Boom Kalianda dari Sabtu 21 November hingga Minggu 22 November sore ini.

JURNALIS : HENK WIDI

Bergabung dengan Cendana News pada bulan November 2014. Dengan latar belakang sebagai Jurnalis lepas di beberapa media dan backpacker, diawal bergabung dengan Cendana News, Henk Widi fokus pada pemberitaan wisata dan kearifan lokal di wilayah Lampung dan sekitarnya.

Twitter: @Henk_Widi

Lihat juga...