YONIF 732 Banau Gelar Latihan Navigasi dan Survival

AMBON — Batalyon Infanteri 732/Banau menggelar latihan Navigasi Darat sekaligus Survival Hutan dengan titik start Mako Yonif 732/B Jalan Pengabdian No. 1 Ds. Porniti Kecamatan Jailolo Halmahera Barat, Senin (16/11/2015).
Kapenrem 152/Bbl, Mayor Inf Anang Setyoadi kepada Cendana News, Senin (16/11/2015) mengatakan, kegiatan ini menjadi sarana latihan navigasi darat dan meningkatkan kemampuan survival di hutan bagi Prajurit. Selain itu, kegiatan akan dilakukan secara bergantian per kompi yang menembus hutan belantara hanya bermodalkan Peta dan Kompas.
Para Prajurit ini melaksanakan latihan navigasi darat menempuh rute Jailolo – Tobelo dengan menembus hutan belantara tanpa melalui jalan raya maupun perkampungan warga. Pasukan dengan kekuatan 1 Kompi dilepas langsung oleh Wadan Yonif 732/Banau dengan dibekali Peta dan Kompas serta peralatan survival.
Para prajurit harus dapat melakukan survival dengan memanfaatkan tanaman maupun buah yang tumbuh liar di sekitar rute, sebagai bahan makanan dalam bertahan hidup. Selain itu, latihan ini merupakan perintah langsung dari Pangdam XVI/Ptm Mayjen TNI Doni Monardo.
“Instruksi ini saat Pangdam melakukan kunjungan kerja beberapa waktu yang lalu. Latihan ini dimaksudkan agar setiap prajurit dapat mengenal serta mengetahui karakteristik wilayah dan hutan yang ada disekitar mereka,” ujarnya.
Disamping itu, dapat mendukung tugas pokok Yonif 732/B sebagai satuan pemukul korem. “Latihan tersebut akan dilakukan secara bergantian antar kompi yaitu Kompi yang berada di Jailolo menembus hutan hingga ke Tobelo, Labuha dan sebaliknya,” jelasnya.
JURNALIS : SAMAD VANATH SALLATALOHY

Jurnalis Cendana News wilayah Maluku. Sebelum bergabung dengan Cendana News sudah menjadi jurnalis di beberapa media cetak lokal. Bergabung Cendana News mulai pertengahan 2015.

Akun twitter : @vanlohy
Lihat juga...