Aktifitas Pengangkutan Pisang dengan Perahu di Pulau Sebesi

Fotografi
Aktifitas Pengangkutan Pisang dengan Perahu di Pulau Sebesi
Karya : Henk Widi
Lokasi, Lampung, Minggu, 06 Desember 2015
BERITAFOTO — Provinsi Lampung terkenal sebagai salah satu penghasil buah pisang yang cukup banyak. Sebagian besar pisang didatangkan dari beberapa wilayah di Lampung diantaranya Lampung Selatan, Lampung Timur serta daerah lain. Salah satu penghasil pisang di Lampung Selatan merupakan pulau terdekat dengan Gunung Krakatau. Pulau subur terdampak letusan Gunung Anak Krakatau ratusan tahun silam.
Petani yang menjual pisangnya kepada pengepul dikumpulkan di tepi dermaga Pulau Sebesi Kecamatan Rajabasa. Ratusan tandan pisang jenis pisang Muli, Pisang Barley, Pisang Kepok, Pisang Tanduk diangkut dengan gerobak. Perahu perahu tradisional bertenaga mesin menunggu di dermaga untuk mengangkutnya ke Pulau Sumatera.
Dermaga Canti di Pulau Sumatera menjadi lokasi transit selanjutnya. Distribusi pisang ke beberapa pengrajin lokal serta sebagian ke Pulau Jawa menggunakan kendaraan. Perahu masih digunakan sebagai moda transportasi utama pengangkutan manusia dan barang hasil bumi diantaranya pisang.
Beberapa hari sekali kuli angkut mendorong gerobak bermuatan tandan pisang mentah untuk dibawa ke perahu pengangkut. Pulau Sebesi menjadi salah satu penghasil pisang yang menjadi harapan bagi ratusan warga yang tinggal di pulau terdekat dengan Gunung Krakatau tersebut. Berikut aktifitas pengangkutan pisang menggunakan perahu dari Pulau Sebesi dalam lensa Cendana News:

Lihat juga...