Antisipasi Malam Tahun Baru 2016, PT.KCJ Operasikan KRL Jabodetabek 24 Jam

SENIN, 28 DESEMBER 2015
Jurnalis: Eko Sulestyono / Editor: Gani Khair / Sumber foto: Eko Sulestyono

MEGAPOLITAN—PT. KAI Commuter Jabodetabek (KCJ), sebagai salah satu anak perusahaan PT. KAI (Persero) yang bertanggung jawab atas operasional Kereta Rel Listrik (KRL) Jabodetabek direncanakan akan mengoperasikan perjalanan kereta komuter selama 24 jam non-stop saat malam Tahun Baru 2016 mendatang.

Suasana di stasiun KRL Kemayoran, Jakarta Pusat
Pelaksanaanya akan dimulai pada hari Kamis (31/12/2015) pagi hingga menjelang tengah malam dan berlanjut sampai keesokan harinya, Sabtu (01/01/2016). Hal ini dilakukan PT. KCJ demi mengantisipasi dan mengurangi kemacetan arus lalu lintas kendaraan bermotor selama malam pergantian tahun di wilayah Ibukota Jakarta.
Demikian pengumuman yang disampaikan Eva Chaerunissa, Humas PT. KCJ, saat dihubungi Cendana News. Diprediksi mulai tanggal 31 Desember 2015 hingga tanggal 1 Januari 2016, banyak warga masyarakat yang tinggal di luar wilayah DKI Jakarta, seperti Bogor, Depok, Tangerang, Karawang hingga Lebak akan merayakan Tahun Baru 2016 di Ibukota Jakarta.
Eva mengatakan “mengutip pernyataan Direktur Utama PT. KCJ, Muhammad Nurul Fadhila, PT. KCJ memperkirakan akan terjadi kenaikan jumlah penumpang yang luar biasa menjelang datangnya malam pergantian Tahun Baru 2016 di wilayah Ibukota Jakarta dan sekitarnya” demikian terangnya kepada Cendana News melalui pesan singkatnya siang ini.
Tercatat pada malam pergantian tahun dari 2014 ke 2015 lalu, jumlah penumpang yang memanfaatkan angkutan KRL Jabodetabek hampir mendekati sekitar 60.000 penumpang. Sedangkan pada malam pergantian Tahun Baru 2016 nanti, jumlah penumpang yang akan naik  KRL Jabodetabek diperkirakan akan mengalami kenaikan tajam melebihi jumlah tersebut.
Untuk mengantisipasi membludaknya jumlah penumpang kereta komuter yang ingin merayakan datangnya malam pergantian Tahun Baru 2016 di Jakarta, maka PT. KCJ akan mengoperasikan 26 rangkaian perjalanan tambahan, dengan demikian total perjalanan rangkaian KRL Jabodetabek dalam sehari semalam (24 Jam) sebanyak 913 kali perjalanan Pulang-Pergi (PP).
Semua jurusan (koridor) perjalanan KRL se-wilayah Jabodetabek, mulai dari Bogor-Jakarta Kota PP, Bogor-Jakarta Jatinegara PP, Bekasi-Jakarta Kota PP, Jakarta Duri-Tangerang PP hingga Jakarta Tanah Abang-Maja PP (Lebak) Banten, semuanya akan mengalami penambahan jumlah rangkaian perjalanan KRL.
Lihat juga...