Bea Cukai Musnahkan Jutaan Batang Rokok dan Produk Ilegal

Pemusnahan barang ilegal sitaan Kantor Bea Cukai
BALIKPAPAN — Barang sitaan negara hasil penindakan selama tahun 2012 – 2014 dimusnahkan kantor Bea Cukai Wilayah Kalimantan Bagian Timur dan Wilayah Balikpapan, di TPA Manggar Balikpapan, hari ini, Selasa (1/12/2015).
Pemusnahan secara simbolis dilakukan oleh Kepala Kantor Bea Cukai Balikpapan dan Wilayah Kalimantan Bagian Timur bersama pejabat setempat, dengan membakar barang ilegal yang dimasukkan ke dalam alat Inseminator milik TPA Manggar.
Kepala wilayah DJBC Kalibagtim, Yusmariza menjelaskan, barang ilegal yang dimusnahkan tersebut diantaranya jutaan batang rokok, tembakau, spare part, full set air softgan, kurm! Viagra, seks toys, peralatan kosmetik dengan total kerugian sekitar Rp2 miliar.
“Barang-barang yang dimusnahkan ini juga mengganggu atau merusak kesehatan. Kerugian diperkirakan hampir Rp2 miliar,” katanya saat pemusnahan barang ilegal di TPA Manggar Balikpapan.
Menurutnya, penindakan barang-barang ilegal ini sebagai bentuk keseriusan kantor Bea Cukai dalam menindak.
Sementara itu, Kepala Kantor Bea Cukai wilayah Balikpapan Kunawi mengatakan pemusnahan bentuk kepastian hukum mengingat barang yang dimusnahkan telah sesuai peraturan menteri Keuangan 62 tahun 2011 dan keputusan DJBC.
JURNALIS : FERRY CAHYANTI

Jurnalis Cendana News wilayah Balikpapan, gabung dengan Cendana News sejak awal tahun 2015. Sebelum bergabung dengan Cendana News, menjadi jurnalis di beberapa media online dan cetak lokal. 

Akun twitter @fer_rry
Editor : ME. Bijo Dirajo / Fotografer : Ferry Cahyanti
Lihat juga...