Berbagai Komunitas di Kalianda Galang Dana untuk Bocah Penderita Kanker

MINGGU, 21 DESEMBER 2015
Jurnalis: Henk Widi / Editor: Sari Puspita Ayu / Sumber foto: Henk Widi

LAMPUNG—Sekelompok seniman Kalianda Lampung Selatan yang tergabung dalam Komunitas Pekerja Seni (Kopers), menggelar penggalangan dana di tepi jalan kota setempat persisnya di depan kantor Markas Kepolisian Resor Lampung Selatan, untuk membantu Febi Tania (5 tahun) bocah penderita kangker darah.


Aksi simpatik itu, dilatarbelakangi keprihatinan komunitas tersebut melihat kondisi bocah enam tahun warga Desa Kecapi, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan yang harus berjuang nyawa dan merelakan masa-masa bermainnya karena penyakit yang dideritanya.
Dendi ketua Kopers mengatakan, inisiatif turun ke jalan untuk mengalang dana/sumbangan dengan tujukan untuk meringankan beban pihak keluarga untuk perawatan Febi Tania selama dirawat rumah sakit.
“Alhamdulillah, aksi simpatik yang kami lakukan pada malam hari memperoleh dana dari para donatur sebesar satu juta  rupiah dan itu langsung kami sumbangkan ke pihak keluarga,” katanya, Minggu (20/12/2015).
Menurut pria yang sudah bergelut dengan dunia seni sejak puluhan tahun silam itu, aksi simpatik tersebut tidak hanya terhenti sampai disitu, hari ini dirinya beserta rekan sejawatnya akan melakukan aksi serupa di depan kantor Pemkab Lampung Selatan. Lokasi di depan pemkab Lampung Selatan saat sore hari selalu ramai terutama di lapangan Korpri dengan adanya beberapa wahana permainan serta tempat berkumpul warga Kalianda.
Kopers tak akan berhenti dengan aksi ini, menurut pengakuan mereka, mereka akan melanjutkan aksi damai dengan menggalang dana dari berbagai kalangan demi meringankan beban keluarga. 
“Kami bersyukur bapak AKBP Adi Ferdian Saputra selaku Kapolres Lampung Selatan ikut membantu, mudah-mudahan banyak pihak yang tergerak hatinya. Selain itu, harapan agar dinas yang bersangkutan, masyarakat dan kaum dermawan dapat memberikan uluran tangan untuk membantu keluarga  Febi Tania sang bocah malang itu,”ungkapnya.
Berdasarkan pantauan di beberapa titik, poster Febi Tania yang mengharapkan uluran tangan tersebut terpampang di beberapa tempat, seperti SPBU, rumah makan, pasar dan beberapa pusat keramaian lainnya. Ini tidak lain bertujuan agar bocah penderita kanker darah tersebut cepat sembuh dan dapat bercengkrama dengan kawan-kawan sebayanya
Selain komunitas pekerja seni, keprihatinan yang mendorong masyarakat Kalianda melakukan penggalangan dana didasari Kondisi Feby Tania, bocah 6,5  tahun yang diduga menderita penyakit Asites atau pembesaran pada perut. Komunitas yang melakukan penggalangan dana sebelumnya untuk Feby diantaranya dari kalangan Mahasiswa Lampung Selatan.
Sejumlah Mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di ibukota Lamsel itu menggalang “Dana Koin Peduli Feby”  untuk membantu bocah malang tersebut. Aksi penggalangan dana dilakukan sejak Sabtu (19/12/2015) di beberapa titik di kota Kalianda.
Kesadaran sejumlah mahasiswa untuk membantu meringankan biaya pengobatan Feby ini karena keperihatinan kalangan intelektual ini dengan kondisi keluarga Feby Tania yang membutuhkan uluran tangan dermawan untuk membantu biaya pengobatannya.
“Kami dengan seluruh mahasiswa perwakilan tiap kampus berencana untuk menjenguk Feby dengan memberikan santunan ala kadarnya,” ucap Anggi Ariyansyah (21) salah satu koordinator penggalangan Dana Koin Peduli Feby” ujarnya.
Dijelaskan Anggi, kini bocah pasangan dari  Burhanuddin (43) dan Fatmawati (40) itu tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moloek (RSUDAM), Bandar Lampung. Setelah sebelumnya menjalani perawatan di RSUD Bob Bazar, Kalianda, Lampung Selatan.
Sementara, Herita Nurjanah, salah satu mahasiswa koordinator galang dana dari Sekolah Tinggi Agama Islam Yayasan Pembangunan (STAI YASBA) Kalianda menambahkan, pihaknya secara pribadi tersentuh dengan penyakit yang di derita Feby.
Pengagalangan dana dalam bentuk “Dana Koin Peduli Feby” tersebut merupakan inisiatif dari sejumlah perguruan tinggi di Kalianada, Lamsel. Masing-masing STIH Muhammadiyah Kalianda, STAI YASBA DCC kalianda, AKBID Hampar Baiduri Kalianda, dan STIE Muhammadiyah Kalianda, dengan koordinator umum Randy Fatra dari STIH Muhammadiyah Kalianda.
Lihat juga...