BI Perwakilan Sulawesi Tenggara Prediksi Ekonomi Sultra Naik 7,3 Persen

RABU, 23 DESEMBER 2015
Jurnalis: Rustam / Editor: Gani Khair / Sumber foto: Rustam

KENDARI—Provinsi Sultra (Sulawesi Tenggara) pernah mengalami pertumbuhan diatas 10 persen pada tahun 2011. Namun peningkatan itu tidak bertahan lama, sejak tahun 2013 hingga 2014, mengalami penurunan.

Dian Nugraha Kepala BI perwakilan Sultra
Penurunan itu diakibatkan adanya larangan pemerintah mengekspor hasil tambang nikel dalam bentuk mineral mentah dan perusahaan tambang yang beroperasi di Sultra diwajibkan membangun smelter.
Meskipun pertumbuhan ekonomi Sultra mengalami pelambatan. tapi Bank Indonesia perwakilan Sultra memprediksi tahun 2016 mendatang, pertumbuhan akan mengalami peningkatan dikisaran angka 6 sampai 7 persen lebih.
“Diprediksi pertumbuhan ekonomi Sultra tahun 2016 akan membaik, dikisaran 6,9 sampai 7,3 persen,” kata Dian Nugraha Kepala BI perwakilan Sultra kepada wartawan.
Pertumbuhan tersebut akan ditopang dengan sektor pertanian dan sektor perdagangan besar dan eceran (PBE). 
Untuk tahun 2015, pertumbuhan ekonomi Sultra pada tri wulan II berada diangka 7,2 persen. Jika dibandingkan pada tri wulan III, mengalami penurunan hanya mencapai 7 persen. Walau demikian, BI memprediksi pertumbuhan ekonomi Sultra tahun ini antara 6,6 persen sampa 7 persen. Artinya masih relatif normal.
Prediksu BI perwakilan Sultra bahwa grafik pertumbuhan ekonomi akan membaik, karena  khusus untuk sektor pertanian, Pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian akan mengalokasikan dana APBN sebesar Rp 800 Miliar tahun 2016.
Alokasi dana APBN  2016 sebesar Rp 800 miliar disampaikan Amran Sulaiman, Menteri Pertanian saat mendampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla berkunjung melihat potensi perkebunan kakao di Sultra, Minggu (20/12/2015) di Kabupaten Konawe Selatan.
Anggaran sebesar itu dialokasikan untuk ekstensifikasi pertanian, bantuan bibit, dan bantuan sarana produksi. Termasuk upaya pemerintah meremajakan tanaman kakao milik masyarakat Kabupaten Kolaka Utara.
Lihat juga...