BPAD DIY Bangun Gedung Perpustakaan Terbesar di Jateng dan DIY

Selasa, 15 Desember 2015 / Jurnalis: Koko Triarko / Editor: Gani Khair



YOGYAKARTA — Menelan anggaran sebesar Rp. 72 Milyar dari APBD Provinsi DI Yogyakarta, sebuah perpustakaan modern dibangun di atas lahan seluas 2,4 Hektar di Jalan Janti, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Perpustakaan dengan beragam fasilitas modern seperti bioskop 6 Dimensi itu diperuntukkan bagi masyarakat umum, bahkan juga mudah diakses oleh penyandang disabilitas.
Gedung Grahatama Pustaka, demikian nama gedung perpustakaan baru milik Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DIY. Dirancang untuk mengakomodir fungsi perpustakaan sebagai institusi yang mampu memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi dan rekreasi bagi masyarakat luas. 
Gedung tersebut dibangun dengan empat menara menjulang yang mengandung makna empat kesempurnaan orang Jawa, yaitu Prakoso, Wulung, Wangi, dan Agung. Perpustakaan itu diharapkan mampu menjadi pintu gerbang bagi manusia dalam mencapai derajat tertinggi melalui pengetahuan yang terkandung dalam berbagai koleksi perpustakaan itu.
Kepala Bidang Pelayanan dan Pelestarian Perpustakaan BPAD DIY, Monika Nurastiani, ditemui Selasa (15/12/2015) sore mengatakan, perpustakaan Grahatama Pustaka menjadi perpustakaan terbesar di Jawa Tengah dan DIY. Memiliki kurang lebih 7.500 judul yang merupakan koleksi langka berupa naskah kuno dan stablats. Namun, koleksi langka tersebut hanya bisa dibaca di tempat, dan untuk sejumlah  naskah kuno yang telah rapuh hingga kini terus dilakukan upaya alih media menjadi bentuk digital sehingga tetap bisa diakses. 
Selain itu, lanjutnya, perpustakaan yang dibuka gratis untuk masyarakat itu juga memiliki koleksi buku sebanyak 180.000 judul. Sementara itu, dengan luas gedung yang ada diperkirakan perpustakaan tersebut akan mampu menampung sebanyak 2.000 pengunjung. Monika optimis, perpustakaan itu akan menjadi tempat belajar yang menyenangkan, karena didukung dengan berbagai fasilitas seperti ruang belajar, ruang audio visual, ruang digital, ruang bermain, ruang dongeng, ruang koleksi anak, dan ruang musik serta bioskop 6 Dimensi. Monika mengklaim, keberadaan bioskop 6 Dimensi akan menjadi salah satu fasilitas unggulan yang saat ini masih langka dimiliki oleh lembaga perpustakaan di tempat lain.
Grhatama Pustaka merupakan keperpustakaan umum, sehingga masyarakat umum bisa mengaksesnya, mulai dari anak-anak usia balita sampai orangtua. Gedung perpustakaan itu juga dibangun dengan menyediakan akses bagi para penyandang disabilitas. Tahun 2016 nanti, kata Monika, pihaknya juga telah menyiapkan sejumlah komputer bersuara bagi tuna netra, di samping beberapa koleksi buku braille yang kini sudah bisa diakses. 
Sumber foto: Koko Triarko
Lihat juga...