BPS Balikpapan Rekrut 1.200 SDM untuk Sensus Ekonomi

SENIN, 28 DESEMBER 2015
Jurnalis: Ferry Cahyanti / Editor: Sari Puspita Ayu / Sumber foto: Ferry Cahyanti

BALIKPAPAN—Untuk mengetahui seluruh sektor usaha secara menyeluruh selain sektor pertanian, Badan Pusat Statistik (BPS) akan melakukan sensus ekonomi secara serentak pada bulan Mei 2016.

Kepala BPS Balikpapan, Nur Wahid. 

“Di Kota Balikpapan sendiri kegiatan usaha atau jumlah usaha yang akan disensus ada sekitar 50 ribu kegiatan usaha. Itu berdasarkan data sensus ekonomi sebelumnya. Kemungkinan dalam sensus ada tambahan data,” terang Kepala BPS kota Balikpapan Nur Wahid, Senin (28/12/2015).
Ia menjelaskan sensus ekonomi ini mengumpulkan dan menyajikan data dasar seluruh kegiatan ekonomi. Tujuannya untuk mengetahui kondisi perekonomian lebih detail dan mendapatkan informasi perekonomian, yang nantinya digunakan sebagai landasan penyusunan kebijakan dan perencanaan pembangunan nasional maupun regional.
“Kegiatan usaha yang didata baik formal maupun informal. Pendataan dilakukan tenaga sensus yang direkrut dan sudah dilatih oleh BPS,” katanya.
Nur Wahid menuturkan dalam pendataan nanti akan didata seperti omzet kegiatan usahanya, aset, prospek bisnisnya dan kendala selama usaha.
Untuk itu, ia mengharapkan kerjasamanya kepada pelaku usaha saat petugas sensus datang mensensus kegiatan usahanya.
Di Balikpapan personil yang akan terjun pada sensus ekonomi ini sebanyak 1.200 an personil. “Ada seribuan personil yang akan direkrut dan akan di latih sebelum sensus ekonomi berjalan pada bulan Mei 2016,” ujarnya saat ditemui di kantor BPS Balikpapan.
Selain itu, pihaknya juga saat ini melakukan sosialisasi kepada sejumlah instansi, masyarakat pelaku usaha sebelum kegiatan sensus ekonomi berlangsung. Rencananya, besok Selasa (29/12/2015) akan digelar sosialisasi sensus ekonomi di kalangan pemerintahan. Sosialisasi merupakan langkah awal kegiatan sensus ekonomi akan berlangsung.
Lihat juga...