Catatan Sipil Kota Balikpapan Telah Terbitkan Lebih 12 Ribu KIA

RABU, 23 DESEMBER 2015
Jurnalis: Ferry Cahyanti / Editor: Gani Khair / Sumber foto: Ferry Cahyanti

BALIKPAPAN—Tingginya minat masyarakat memiliki Kartu Identitas Anak (KIA), Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcapil) memberikan surat edaran kepada sejumlah kecamatan di Balikpapan. Hal ini didasari pada evaluasi pelaksanaan pelayanan KIA di Kantor Kecamatan Balikpapan.

Antusias masyarakat yang mengurus KIA di Kantor Kecamatan Utara
Sekretaris Disdukcapil Balikpapan Hasbulloh Helmi mengatakan dalam surat edaran tersebut memberikan kewenangan kepada para camat untuk mengatur dan mengelola jadwal pelayanan KIA, mengingat banyaknya masyarakat yang datang ke kantor kecamatan untuk melakukan pengurusan KIA.
“Camat diberikan kewenangan mengatur dan mengelola jadwal agar dikantor kecamatan tidak terlalu padat,” terangnya saat dijumpai dikantornya, Rabu (23/12/2015).
Tidak hanya mengatur jadwal, dalam surat edaran itu juga menyatakan bahwa dalam pelayanan KIA tidak dipungut biaya atau gratis dan pelayanan KIA dilayani di kantor kecamatan masing-masing.
“Jadi dalam pelayanan KIA itu tidak dipungut biaya dan tahun depan pelayanan masih dilayani di kantor Kecamatan,” kata pria yang biasa disapa Helmi.
Helmi mengatakan sampai saat ini kartu identitas anak yang sudah diterbitkan lebih dari 12 ribu dari enam kecamatan di Balikpapan.
Di kesempatan yang berbeda salah seorang warga Lisa yang melakukan pengurusan KIA di kecamatan Utara mengatakan dengan adanya kartu identitas anak ini maka anak memiliki identitas dan dapat digunakan saat bepergian.
“Namun karena banyaknya masyarakat yang mengurus KIA sehingga petugas kewalahan dan ruangan juga padat,” ungkapnya.
Hal yang sama juga diutarakan Aji warga kelurahan Gunung Samarinda. Menurutnya, memiliki kartu identitas anak belum wajib namun apabila banyak manfaat pastinya sebagai warga sangat diperlukan.
“Bagi kami memiliki KIA untuk anak-anak perlu karena manfaatnya cukup banyak,” tutupnya
Lihat juga...