Didik Siswa Berperilaku Jujur, SDN 3 Tegalrejo Buka Kantin Kejujuran

Siswa berbelanja di Kantin Kejujuran
YOGYAKARTA — Guna lebih mengoptimalkan pendidikan kejujuran kepada generasi penerus, Sekolah Dasar Negeri 3 Tegalrejo, di Jatimulyo, Kricak, Tegalrejo, Yogyakarta, membuka kantin kejujuran. Kantin tersebut tidak dijaga dan tak ada pelayan. Siswa dapat mengambil makanan atau benda yang ingin dibeli, lalu meninggalkan uang di tempat yang disediakan.
Jumadi, SPd, bersama siswanya
Jumadi, S.Pd, Kepala Sekolah SDN 3 Tegalrejo ditemui Selasa (8/12/2015) mengatakan, kantin kejujuran juga dibuat karena rasa prihatin para guru melihat situasi saat ini. Korupsi sulit diberantas dan bahkan terus bertambah. Karena itu, diperlukan terobosan baru untuk membiasakan perilaku jujur pada anak-anak sejak dini. Salah satu caranya dengan membuka kantin kejujuran.
Seperti kantin pada umumnya, kantin kejujuran menyediakan aneka makanan ringan yang banyak disukai oleh anak-anak. Bedanya, di kantin kejujuran itu tidak ada penjaganya. Semua makanan sudah diberi label harga dan disediakan tempat untuk meletakkan uang. 
“Para sisa tinggal mengambil makanannya, lalu meninggalkan uang sesuai harga yang tertera di label. Kalau ada kembalian, siswa tinggal mengambil uang kembalian sendiri di tempat yang sama,” jelas Jumadi.
Dengan jumlah siswa 344 orang, SDN 3 Tegalrejo secara berkala juga mengadakan sosialisasi anti korupsi, bekerjasama dengan berbagai instansi terkait seperti Kejari. 
“Tentu, pendidikan kejujuran dan anti korupsi juga diberikan melalui mata pelajaran lainnya seperti Agama dan lainnya,”, pungkas Jumadi.
SELASA, 08 Desember / Jurnalis : Koko Triarko / Foto: Koko Triarko / Editor : ME. Bijo Dirajo 
Lihat juga...