Dies Natalis ke-53, Universitas Brawijaya Pecahkan Rekor Muri

MINGGU, 20 DESEMBER 2015
Jurnalis: Agus Nurchaliq / Editor: Gani Khair / Sumber foto: Agus Nurchaliq

MALANG—Berbagai rangkaian acara telah dipersiapkan dalam rangka peringatan Dies Natalis (hari jadi) Universitas Brawijaya (UB) ke-53, mulai dari acara seminar, pameran, kesenian tasyakuran hingga jalan sehat. 


Namun dari seluruh rangkaian acara tersebut, ada satu acara yang cukup menarik dan membagakan bagi seluruh civitas akademika UB (Universitas Brawijaya) yaitu pemecahan rekor Muri (Museum rekor Indonesia) dalam kategori “Sajian Wedang Secang Andong Terbanyak” sebanyak 5353 botol yang disusun rapi menyerupai bentuk gedung Rektorat UB. Pemecahan rekor Muri yang digelar hari Minggu (20/12/2015) di lapangan Rektorat UB ini dihadiri oleh seluruh civitas akademika UB dan masyarakat sekitar.
Rektor UB Mohammad Bisri mengatakan bahwa melalui pemecahan rekor Muri ini diharapkan agar minuman secang andong produksi UB bisa menjadi minuman khas Malang. Menurutnya, di UB sendiri sekarang sudah memiliki badan pengelola usaha yang dibagi menjadi dua yaitu unit usaha akademik dan unit usaha non akademik.
“Untuk wedang secang andong ini nantinya akan masuk ke unit usaha non akademik yang akan dikelola oleh manajer kantin,” jelasnya.
Menurut ketua pelaksana Dies Natalis UB Sudarminto Setyo Yuwono wedang secang sebenarnga sudah ada sejak jaman dulu dan sering dikonsumsi oleh raja-raja Jawa. Sedangkan untuk memberikan ke-khasan kota Malang, kita modifikasi wedang secang dengan penambahan tanaman andong, dimana tanaman tersebut berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur tahun 1996 telah dinyatakan sebagai flora khas Malang dan juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.
Ia menambahkan bahwa wedang secang andong mengandung banyak manfaat diantaranya yaitu untuk meningkatkan stamina, mengatasi perut kembung, menyegarkan tubuh, mengatasi gangguan penyempitan pembuluh darah dan melancarkan peredaran darah, jelasnya.
“Jika animo masyarakat dengan hadirnya minuman wedang secang andong ini baik, maka kedepannya kami akan berkoordinasi dengan bapak Rektor untuk memproduksi massal minuman ini, yang tentunya juga bisa menjadi income bagi UB,”ungkapnya.
Sementara itu, tidak hanya sekali ini saja UB berhasil memecahkan rekor Muri. Berikut catatan pemecahan rekor Muri oleh Universitas Brawijaya.
  • Bakar Ikan terpanjang sepanjang 712 meter pada tahun 2004 oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Sosial Ekonomi Perikanan UB
  • Peluncuran roket air terbanyak sebanyak 100 roket air pada tahun 2005 oleh Himpunan Mahasiswa Mesin Fakultas Teknik UB
  • Bakar jagung terpanjang sepanjang 530 meter dengan berat 2,5 ton pada tahun 2007 oleh himpunan mahasiswa Budidaya Pertanian UB
  • Penyusunan Bakpau terbanyak 7.777 buah pada tahun 2012 oleh himpunan mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian UB.
Lihat juga...