Hak Disabilitas Belum Mendapatkan Perhatian dari Pemerintah

Wuri Handayani
SURABAYA — Fasilitas umum yang ada di Surabaya mendapat kritikan dari Koordinator dCARE, Wuri Handayani. Dia menilai, sarana prasarana yang disediakan dianggap masih kurang memperhatikan penyandang disabilitas.
“Saya pernah ke balaikota, puskesmas atau sarana umum lainnya, fasilitas untuk penyandang disabilitas tidak ada. Begitu juga dengan akses informasi untuk penyandang disabilitas, misalnya untuk mereka yang tuna rungu. Masih jauh dari harapan,” terangnya, Jumat (04/12/2015).
Selain permasalahan yang sudah disebutkan, Wuri juga menerangkan bila Perda di Kota Surabaya terkait pelayanan dan perlindungan penyandang disabilitas masih kurang. Perda yang ada hanya Perda Nomor 3 Tahun 2013. Namun adanya Perda tersebut pelaksanaan di lapangan masih jauh penerapannya.
“Pekerjaan rumah perlindungan disabilitas masih banyak dan panjang. Kami hanya mengingatkan pemerintah dan penyelenggara negara agar memperhatikan betul hak disabilitas sebagai warga negara,” tegasnya.
Sebagai masyarakat normal seharusnya kita juga bisa membantu, apa saja yang dibutuhkan oleh kawan penyandang disabilitas. Bukan mengajarkan untuk bergantung, tetapi membantu untuk meringankan sedikit beban mereka, seperti saat naik lift, dahulukan penyandang disabilitas, dan lain sebagainya.
SABTU, 05 Desember / Jurnalis : Charolin Pebrianti / Foto: Charolin Pebrianti / Editor : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...