Hari Anti Korupsi, Kejari Kaliada Bagikan Stiker Bagi Pengendara


LAMPUNG–-Peringatan hari anti korupsi se-dunia diwarnai dengan aksi bagi-bagi stiker, buku dan baju bertuliskan “anti korupsi” oleh jajaran pegawai Kejaksaan Negeri (Kejari) Kalianda Kabupaten Lampung Selatan kepada masyarakat pengguna jalan yang ada di ibukota Lampung Selatan tersebut.
Himbauan yang dilakukan oleh Korps Adhyaksa secara langsung dalam bentuk membagikan stiker dan baju tersebut, dilakukan di titik tertentu yang dilintasi masyarakat Kalianda diantaranya perempatan lampu merah Pos Kota Kalianda. Kemudian berlanjut dan beranjak menuju kantor bupati Lampung Selatan, dan berakhir di tugu adipura.
Saat berada di depan kantor Bupati, Kepala Kejaksaan Negeri Kalianda, Yeni Trimulyani bersama dengan Sekdakab Lampung Selatan Sutono menempelkan stiker anti korupsi di pintu masuk gedung Bupati, sebagai simbol bentuk perlawanan terhadap korupsi yang saat ini kita kian mengurat dan mengakar.
Kegiatan semacam itu, dinilai oleh Yeni Trimulyani, mampu menangkal segala macam bentuk aktivitas penyelewengan atau korupsi ditengah-tengah masyarakat. 
“Kalau masyarakatnya tahu dan mengerti kan enak. Bila melihat tindakan-tindakan korupsi itu, maka dapat langsung melapor ke pihak-pihak penegak hukum,” ujarnya saat diwawancarai awak media di depan tugu adipura, Kamis (10/12/2015).
Ia menambahkan, pada peringatan hari anti korupsi internasional tersebut, pihak Korps Adhayaksa dapat mengawal pemerintahan secara lebih baik untuk melaksanakan pembangunan untuk masyarakat dan terbebas dari korupsi.
“Artinya bahwa, perayaan hari anti korupsi memberikan makna, bukan hanya sebuah simbol dalam bentuk menempelkan stiker, baju dan pamplet-pamlet, tapi lebih pada tindakan nyata untuk bersama-sama melakukan pemberantasan korupsi, baik dalam tahap pencegahan maupun dalam tahap penindakan,” kata dia.
Secara kongkrit Yeni menerangkan, didalam tahapan pencegahan/preventif kejaksaan telah membentuk tim pengawal, pengaman, pemerintahan, pembanguna daerah (TP4D) yang melibatkan seluruh jajaran eksekutif dan yudikatif.
“Kita harapkan bersama, peringatan hari anti korupsi ini dapat meningkatkan etos kerja serta dharma bakti Korps Adhyaksa kepada bangsa,” pungkasnya.
Dalam beberapa tahun terakhir berdasarkan pantauan Cendana News, Kejari Kalianda yang memiliki wilayah cakupan dua kabupaten yakni Kabupaten Lampung Selatan dan Kabupaten Pesawaran telah menangani beberapa laporan terkait tindak pidana korupsi di wilayah tersebut. Beberapa diantaranya kasus pengadaan sertifikat tanah di wilayah Lampung Selatan serta kasus korupsi yang menyeret pejabat di Kabupaten Pesawaran.
Jum’at, 11 Desember 2015/Jurnalis: Henk Widi/Editor: Sari Puspita Ayu/Foto: Henk Widi
Lihat juga...