Jelang Natal dan Tahun Baru Harga Daging Sapi di Malang Naik

Rabu, 16 Desember 2015 / Jurnalis: Agus Nurchaliq / Editor: Gani Khair

Salah satu penjual daging di Pasar Besar Malang


MALANG — Beberapa hari mendekati Hari Raya Natal 2015 dan Tahun Baru 2016, harga daging di Malang mengalami kenaikan seperti yang terpantau di Pasar Besar kota Malang.
Umi, salah satu pedagang daging membenarkan perihal kenaikan harga daging sapi dalam beberapa bari belakangan ini. Menurutnya harga daging sapi mulai naik sejak hari Sabtu kemarin.
“Harga daging naik Rp. 5.000,- dari yang awalnya hanya Rp.90.000,- sekarang menjadi Rp. 95.000,- untuk daging kualitas biasa. Sedangkan daging untuk kualitas sedang dan kualitas bagus dari yang awalnya hanya Rp.100.000,- dan Rp. 110.000,- sekarang masing-masing menjadi Rp.105.000,- dan Rp. 115.000,-,” jelasnya.
Umi menambahkan, kenaikan harga ini biasa terjadi menjelang hari-hari besar seperti Natal, Tahun Baru dan Idul Fitri. Senada dengan Umi, Emi salah satu pembeli mengaku sudah terbiasa dengan kenaikan harga mendekati Natal dan tahun baru seperti ini. Tidak hanya daging sapi, harga kebutuhan poko yang lainnya juga pasti akan naik,ujarnya.
“Asalkan kenaikan harganya tidak terlalu tinggi, saya bisa maklumi. Tapi kalau naiknya sudah keterlaluan ya mau tidak mau saya beralih ke daging ayam,” ucapnya.
Sementara itu selain daging sapi, daging ayam di Malang juga ikut merangkak naik dalam beberapa hari ini seperti yang di ungkapkan Hamidah salah satu pedagang. “Sudah hampir dua minggu ini daging ayam mengalami kenaikan harga dari yang awalnya Rp. 27.000,- sekarang menjadi Rp. 29.000,- per kg,”ungkapnya.
Namun begitu, kenaikan harga daging ayam menurutnya bukan disebabkan karena hari Natal atau Tahun Baru tetapi lebih disebabkan stok ayam hidup yang berkurang.
Sumber foto: Agus Nurchaliq
Lihat juga...