Jelang Natal dan Tahun Baru, Pelindo Balikpapan Siapkan Fasilitas Tambahan

Jum’at, 18 Desember 2015 / Jurnalis: Ferry Cahyanti / Editor: Gani Khair

Pelabuhan Semayang Balikpapan
BALIKPAPAN—PT Pelindo 4 Cabang Balikpapan mempersiapkan berbagai persiapan untuk kenyamanan penumpang di Pelabuhan Semayang Balikpapan, jelang Natal dan Tahun Baru 2016. 

“Segala persiapan yang dilakukan itu untuk kelancaran dan ketertiban calon penumpang mudik Natal dan Tahun Baru,” terang General Manager (GM) M Subiyan dijumpai di ruang kerjanya. 
Ia menjelaskan berbagai persiapan itu diantaranya pagar pembatas yang ditempatkan di pintu masuk pelabuhan dan ruang tunggu untuk pengendalian calon penumpang yang masuk ke terminal agar tertib tidak tidak berdesak-desakan. 
General Manager (GM) PT Pelindo 4 Cabang Balikpapan M Subiyan
Fasilitas lain yang disiapkan yakni 4 buah tenda yang ditempatkan di area pelataran terminal mulai H-7 mendatang. Jumlahnya akan disesuaikan dengan kebutuhan. Termasuk menyiapkan posko terpadu.
Kendati volume penumpang diprediksi tidak terlalu besar persiapan ekstra tetap dilakukan. “Karena kami tidak pernah tahu total penumpang yang berangkat,” ujar Subiyan, Jumat (18/12/2015).
Ia mengatakan tren kenaikan jumlah penumpang mulai tergambar sejak awal pekan dengan peningkatan sesuai kapasitas terminal. Gelombang penumpang edisi Natal tahun ini diproyeksi meningkat 5-10 persen dari realisasi tahun 2014.
“H-7 jumlah penumpang diperkirakan semakin bertambah,” imbuhnya. 
Lebih lanjut Subiyan menerangkan, selama musim libur, koordinasi antar unsur kepelabuhanan ditingkatkan. Hingga membuat pemetaan poin pengendalian khusus, diantaranya pintu masuk 1 dan 3. Pengawasan khusus juga berlaku di area terminal penumpang yang biasanya dipenuhi orang tidak berkepentingan. 
Selain itu, Subiyan menambahkan calon penumpang juga harus tertib dan penumpang yang sudah memiliki tiket bisa langsung menunggu di ruang tunggu.
Sumber foto: Ferry Cahyanti
Lihat juga...