Jika Sudah Menapak Probolinggo, Wajib Mencicipi Soto Klenteng Pak Rahman


PROBOLINGGO — Soto merupakan salah satu makanan yang cukup populer dan banyak digemari masyarakat Indonesia. Bahkan beberapa daerah di Indonesia memiliki resep Soto dengan cita rasa dan cara penyajian yang berbeda-beda, seperti Soto ayam yang ada di Probolinggo.
Di Probolinggo terdapat sebuah depot soto ayam yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat yaitu Soto Ayam Pak Rahman atau yang juga dikenal dengan nama Soto Klenteng. Depot yang berada di Jalan WR Supratman No.61 Probolinggo ini menyajikan rasa dan isian yang berbeda dengan Soto Ayam pada umumnya. 
Isian dari Soto ayam Pak Rahman tidak hanya terdiri dari daging ayam maupun telor rebus saja, tetapi juga terdapat potongan singkong rebus serta taburan tauge dan serbuk koya yang terbuat dari kelapa membuat cita rasa soto ayam di tempat ini berbeda dan lebih unik dibandingkan dengan soto ayam di tempat lain.
Untuk dapat menikmati keunikan rasa Soto Ayam Pak Rahman, pembeli hanya cukup merogoh kocek sebesar Rp.13.000,-/porsi. Namun jika ingin menambahkan telor muda, pembeli tinggal menambah uang sebesar Rp.3.000,-.
Kelezatan rasa yang ditawarkan dan porsinya yang banyak membuat warung Soto Ayam Pak Rahman tidak pernah sepi dari pembeli. Erwin salah satu pembeli mengaku sudah lama menjadi pelanggan dari depot soto ayam ini. Menurutnya kuah soto ayam Pak Rahman lebih terasa bumbu dan rempah-rempahnya. 
“Disini daging ayamnya lebih empuk, koyanya juga lebih gurih dan yang terpenting terdapat potongan singkong rebus didalamnya yang menjadi pembeda dengan soto ayam lainnya,”ucapnya.
Sabtu, 12 Desember 2015/Jurnalis: Agus Nurchaliq/Editor: Sari Puspita Ayu/Foto: Agus Nurchaliq
Lihat juga...