Jumlah Pengidap HIV/AIDS di Kendari Mengalami Penurunan


KENDARI—Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kota Kendari menemukan 37 orang yang mengidap HIV/AIDS dalam kurun waktu tahun 2015. Hal ini dikemukakan Musadar Mappasomba, Ketua KPA Kota Kendari kepada sejumlah wartawan di Kendari.
Musadar menjelaskan bahwa telah terjadi penurunan jumlah pengidap penyakit ini. Pada tahun 2014, ditemukan pengidap HIV/AIDS sebanyak 61 kasus, sedangkan tahun 2015 ditemukan 37 kasus. 
Musadar menambahkan perihal penggunaan istilah “ditemukan” dalam pernyataannya, yang memiliki arti bahwa diluar angka yang ia sebutkan, ada kemungkinan pengidap yang belum atau tidak terdeteksi.

“Penyakit AIDS di Kendari seperti fenomena gunung es. Sedikit yang terdeteksi tapi banyak yang terselubung, karena masih banyak yang sudah positif terinfeksi HIV/AIDS tapi malu untuk memeriksakan diri ke dokter, padahal jika cepat melakukan pemeriksaan, maka penyebaran penyakit ini dapat dicegah lebih cepat.” ujar Musadar yang juga menjabat sebagai Wakil Walikota Kendari. 

Musadar mengingatkan, Penyakit AIDS hingga saat ini belum ditemukan obat yang dapat menyembuhkan. Virus jenis penyakit ini sangat mudah dan cepat menular. 
Agar penyakit mematikan ini dapat dicegah, Musadar minta peran keluarga agar meningkatkan kontrol terhadap anak-anak. Demikian juga seluruh stakeholder agar membantu dalam pengawasan HIV/AIDS.
Data KPA Kota Kendari, mereka yang terkena HIV/AIDS masih dalam usia produktif, antara umur 25 – 49 tahun.
Kamis, 3 Desember 2015/Jurnalis: Rustam/Editor: Gani Khair/Foto: Rustam
Lihat juga...