KAMMI Gelar Demo Tolak Perpanjangan Kontrak Freeport

MALANG — Setelah beberapa hari yang lalu PMII menggelar aksi menolak perpanjangan kontrak PT. Freeport Indonesia, Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) menggelar aksi serupa di depan gedung DPRD kota Malang, kemarin (02/12/2015). Massa aksi menuntut agar aset Freeport bisa dikembalikan ke Indonesia.
Jundullah Izzuddin Robbani selaku korlap aksi menjelaskan, pihaknya menuntut pemerintah untuk tidak melanjutkan kontrak karya Freeport yang akan berakhir pada tahun 2021 mendatang sehingga negara bisa mengakuisisi dan menasionalisasi aset.
“Kami juga menuntut pihak Freeport agar mau mematuhi peraturan-peraturan yang telah di buat dan melakukan perbaikan lingkungan yang telah dirusak serta memenuhi hak-hak yang seharusnya diterima oleh Indonesia,”ungkapnya.
Tidak hanya pada Freeport, pihaknya juga megecam para politisi agar tidak main-main dengan apa yang sedang terjadi pada negara ini khususnya dalam kasus Freeport. 
Dalam aksi tersebut, demonstran menuntut:
1. Menasionalisasi aset PT. Freeport dengan menyerahkannya kepada BUMN.
2. PT. Freeport segera memenuhi kewajiban perusahaan sesuai UU Minerba, melakukan divestasi saham sebagaimana diamanatkan kepada kontrak karya, menghentikan perusakan lingkungan dan rehabilitasi terhadap kerusakan lingkungan di wilayah tambang.
3. Kepada politisi tanah air agar tidak bermain-main dalam masalah kedaulatan negara dan mencederai amanat seluruh rakyat Indonesia.
Kamis, 03 Desember / Editor : ME. Bijo Dirajo / Jurnalis : Agus Nurchaliq / Foto: Agus Nurchaliq
Lihat juga...