Lebaran CDN

Kasad Cup V Digelar di Surabaya


SURABAYA—Kerjurnas II Yong Moo Do Kasad Cup V tahun 2015 digelar di Gedung Olahraga (GOR) Cahaya Lestari Surabaya (CLS), Jalan Kertajaya I/1 Surabaya. Pembukaan dilakukan oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Letjend TNI Mulyono, pada hari Minggu (13/12/2015).
Kasad, Letjend TNI Mulyono saat pembukaan menjelaskan kenapa memilih Yong Moo Do sebagai ilmu bela diri yang harus bisa dilakukan oleh anggota TNI, alasannya karena Yong Moo Do merupakan bela diri yang membutuhkan stamina bagus, kecepatan dan ketepatan.
“Selain itu, dengan diadakannya Kejurnas, diharapkan bisa mensosialisasi Yong Moo Do ke masyarakat umum dan seluruh prajurit TNI,” terangnya.
Kasad yang baru dilantik 15 Juli 2015 lalu ini menerangkan, Yong Moo Do digunakan sebagai salah satu syarat untuk kenaikan prestasi bagi prajurit, dan diharapkan bisa masuk kedalam salah satu cabang olahraga PON.
“Oleh karenanya, dalam pelaksanaan Kejurnas II ini kami menggandeng KONI, serta diharapkan nantinya Yong Moo Do bisa masuk ke dalam salah satu cabang olahraga Sea Games dan PON,” jelasnya.
Ia mengaku bangga dengan prestasi yang berhasil ditoreh para atlet dalam kejuaraan Yong Moo Do tingkat internasional, dan berhasil menyabet juara dunia.
Tahun 2011, atlet Indonesia berhasil menyabet satu medali emas dalam World Yong Moo Do Championship di Korea Selatan. Tahun 2012, atlet Indonesia berhasil menyabet dua emas, satu perak dan satu perunggu dalam piala presiden Korea Selatan. Tahun 2013, juga berhasil menyabet dua perak di ajang Piala Internasional Yong Moo Do Championship 2013.
“Dengan deretan prestasi tersebut, hal ini tentu sangat mengagumkan, padahal Yong Moo Do baru dikenalkan di Indonesia pada tahun 2010,” ujarnya.
Kejurnas II Yong Moo Do Kasad Cup ini digelar sejak tanggal 12-14 Desember 2015, namun pembukaan baru dilaksanakan pada tanggal 13 Desember 2015. Sebanyak 600 anggota TNI terdaftar mengikuti kejuaraan ini. Kodam V Brawijaya yang bertugas menjadi tuan rumah, berharap kontingennya bisa mendapatkan juara.
“Harapan kita untuk kontingen Yong Moo Do Kodam V/Brawijaya, kita diuntungkan sebagai tuan rumah, artinya kita diuntungkan dari suporter, banyak temen-temen pendukung disini, kita juga sudah berlatih keras baik teknik maupun fisik, jadi kita ingin juara umum,” tegas, ketua kontingen Yong Moo Do Kodam V/Brawijaya Kolonel (Inf) Washington S.
Ada 19 kontingen dari Kodam dan Kotama serta jajaran TNI AD yang mengirimkan wakilnya untuk memperebutkan piala KASAD CUP. Ada delapan Pengurus Daerah (Pengda) Yong Moo Do yang mengirimkan wakilnya, kedelapan daerah tersebut yakni Aceh, DKI Jakarta, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Bali, Sulawesi Selatan dan Papua.
Minggu, 13 Desember 2015/Jurnalis: Olin/Editor: Gani Khair/Foto: Olin
Lihat juga...