Kasus HIV AIDS di Sulawesi Utara Masih Tinggi

Data penderita HIV/AIDS di Sulawesi Utara
MANADO —  Dinas Kesehatan Sulawesi Utara merilis kasus HIV AIDS di provinsi tersebut masih tinggi, dimana tercatat di tahun 2015 ini jumlah HIV sebanyak 633 kasus, AIDS 1244 kasus, penderita 1887, dan yang meninggal 204 kasus.
Kadis Kesehatan Provinsi Sulut, Jemmy Lampus juga menyebutkan, penderita HIV/AIDS saat ini mulai dari usia 1 tahun hingga 60 tahun.
“Untuk kategori umur HIV/AIDS mulai dari umur 1 tahun hingga umur 60 tahun, dan mereka sebagian besar di rawat di ruangan khusus yang terisolasi di rumah sakit umum Prof Kandou Manado,” tegas Jemmy Lampus Kadis Kesehatan Provinsi Sulut saat dihubungi Cendana News, Selasa (01/11/2015).
Sementara itu, Aktivis Prolive Indonesia yang bergerak di bidang HIV dan Pergaulan Bebas mencatat, masih tingginya kasus salah satu penyebabnya adalah pergaulan bebas.
“Kami sudah melakukan penelitian, di seluruh Indonesia dan setiap kami turun di sekolah-sekolah kami memberikan kosioner yang wajib diisi oleh para siswa, dan hasilnya sangat disayangkan, anak usia remaja sudah pernah melakukan hubungan intim, karena pergaulan bebas,” kata Aktivis Prolive Indonesia.
Menurut Aktivis Prolive Indonesia, Alfonsina mengatakan, dari penelitian yang dilakukan sejak lima tahun terakhir penderita HIV / AIDS terus meningkat, dan yang rentan untuk penularan HIV / AIDS berada pada usia remaja hingga orang dewasa.
JURNALIS : ISHAK KUSRANT

Jurnalis Cendana News wilayah Sulawesi Utara. Bergabung dengan Cendana News sejak bulan September 2015. Sebelum bergabung dengan Cendana News, jurnalis dan fotografer di beberapa media online, media cetak dan radio.

Akun twitter : @IKusrant
Editor : ME. Bijo Dirajo / Sumber Foto : Doc Narsum
Lihat juga...