Kelompok Bahan Makanan Turun, November Balikpapan Deflasi

Kasi Integrasi Pengolahan dan Diseminasi Statistik (IPDS) BPS kota Balikpapan Toni Hartono
BALIKPAPAN — Penurunan indeks harga pada kelompok komoditi pengeluaran rumah tangga mengakibatkan kota Balikpapan mengalami deflasi pada bulan November 2015. Adapun besaran deflasi itu yakni sebesar -0,54 persen. 
“Kelompok komoditi pengeluaran konsumsi rumah tangga yang mengalami penurunan itu yakni kelompok bahan makanan, kelompok sandang dan kelompok transportasi,” terang Kasi Integrasi Pengolahan dan Diseminasi Statistik (IPDS) BPS kota Balikpapan, Toni Hartono saat ditemui dikantornya, Selasa (1/12/2015).
Ia menjelaskan, deflasi yang terjadi pada bulan November itu juga harga-harga yang sebelumnya mengalami kenaikan berangsur normal karena pasokan mampu dipenuhi sesuai permintaan. Kelompok transportasi juga memberi andil terjadi deflasi.
Dengan terjadi deflasi pada bulan november maka membentuk inflasi tahun kalender kota Balikpapan sendiri sebesar 5,46 persen dan inflasi “year on year” sebesar 7,90 persen.
Toni memperkirakan pada bulan Desember 2015 akan terjadi inflasi karena berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya akan mengalami kenaikan pada bahan makanan. 
“Bulan Desember bisa jadi inflasi karena harga akan kembali naik dan naiknya Tarif dasar listrik juga menyumbang inflasi meski sedikit,” tambahnya. 
Apabila dibandingkan dengan daerah lain di Kalimantan, Toni menambahkan Balikpapan mengalami deflasi tertinggi sebesar-0,54 persen kemudian diikuti oleh Pontianak dengan deflasi sebesar -0,14 persen dan kota Singkawang dengan deflasi sebesar -0,03 persen. 
Sedangkan kota lainnya mengalami inflasi, dan Palangkaraya mengalami inflasi tertinggi sebesar 0,85 persen.
JURNALIS : FERRY CAHYANTI

Jurnalis Cendana News wilayah Balikpapan, gabung dengan Cendana News sejak awal tahun 2015. Sebelum bergabung dengan Cendana News, menjadi jurnalis di beberapa media online dan cetak lokal. 

Akun twitter @fer_rry
Editor : ME. Bijo Dirajo / Foto : Ferry Cahyanti
Lihat juga...