Kemenhan RI Bersama Kodim 1207/BS Sosialisasikan Gerakan Bela Negara

SABTU, 20 DESEMBER 2015
Jurnalis: Aceng Mukaram / Editor: Gani Khair / Sumber Foto: Penerangan Komando Daerah Militer (Kodam) XII/Tanjungpura.

PONTIANAK—Koordinator Daerah Wilayah Kalbar (Kalimantan Barat) Kemenhan (Kementrian Pertahanan) RI Kolonel Infanteri Ruddy Prasemilsa Makhs melakukan penyuluhan Bela Negara kepada Organisasi Masyarakat, Pramuka dan pelajar tingkat SMP dan SMU di Aula Makodim 1207/BS. Kegiatan itu digelar di  Jalan Gusti Sulung Lelanang, Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat. Hal itu dilakukan dalam rangka peringatan Hari Bela Negara.


“Kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman tentang Bela Negara dikalangan organisasi pemuda dan pelajar di wilayah Provinsi Kalimantan Barat. Juga meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara, persatuan dan kesatuan serta cinta tanah air bagi seluruh komponen masyarakat melalui upacara Hari Bela Negara,” ujar Ruddy, dalam keterangan resminya yang diterima, Sabtu 19 Desember 2015.
Setelah menerima penyuluhan ini, ia berharap adanya peningkatan pemahaman para pemuda dan pelajar tentang bela negara sesuai UUD 45 pasal 30 tentang setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam bela negara. Selain itu juga terwujudnya peran dan tanggung jawab Pemuda dan Pelajar dalam bela negara di wilayahnya serta terwujudnya kesadaran bela negara masyarakat yang di implementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Selain kegiatan penyuluhan bela negara, Kemenhan juga menggelar lomba paduan suara lagu-lagu perjuangan bagi Pelajar dan organisasi pemuda untuk penilai atau dewan juri dari akademisi dan musisi.
“Sedangkan puncak peringatan Hari Bela Negara akan digelar upacara pada 21 Desember 2015 yang akan datang di Lapangan Upacara Kantor Gubernur Kalbar,” kata Ruddy.
Pasiter Kodim 1207/BS Kapten Infanteri Akusnius selaku koordinator kegiatan ceramah mengatakan, kegiatan ini patut  menjadi contoh.
“Dilihat dari antusias para peserta baik untuk penerima materi bela Negara maupun peserta lomba meskipun waktu yang tidak lama. Kreasi dan kreatif untuk menunjukan kebolehannya, tim lomba sangat bagus,” jelasnya. 
Lihat juga...