Kemenhub Resmi Melarang Semua Jenis Transportasi Berbasis Aplikasi Internet

Jum’at, 18 Desember 2015 / Jurnalis: Eko Sulestyono / Editor: Sari Puspita Ayu


NASIONAL—Setelah sempat menjadi kontroversi beberapa tahun terakhir, akhirnya Kementrian Perhubungan mengeluarkan peraturan resmi melarang beroperasinya semua jenis layanan transportasi yang berbasis aplikasi internet di seluruh Indonesia.
Beberapa jenis dan nama layanan transportasi angkutan penumpang yang dilarang adalah sepeda motor (ojek) seperti Gojek/Grabike, angkutan penumpang taksi (Grab Taxi) dan persewaan atau rental mobil (Grab Taxi/Uber).
Ketentuan peraturan larangan tersebut berdasarkan Surat Pemberitahuan, Nomor UM.3012/21/1/Phb/2015, yang ditandatangani oleh Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Ignasius Jonan, tertanggal 9 November 2015.
Namun baru dibacakan secara resmi oleh Djoko Sasono, Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat, Kementrian Perhubungan (Kemenhub) dalam acara jumpa pers di kantor Kemenhub tadi malam dan mulai efektif berlaku sejak hari ini, Jumat (18/12/2015) dan seterusnya.
Surat Pemberitahuan tersebut ditujukan kepada Korps Lalu Lintas (Korlantas) Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri). Selain itu, Surat Pemberitahuan juga ditujukan kepada Gubernur di seluruh Provinsi dan Kepala Kepolisan Daerah (Kapolda) di seluruh Indonesia.
Pengoperasian segala jenis layanan transportasi angkutan umum penumpang berbasis aplikasi dilarang karena tidak sesuai dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009, tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Selain itu juga bertentangan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2014, tentang Angkutan Jalan.
Djoko Sasono mengatakan “semua jenis kendaraan bermotor yang memakai aplikasi berbasis internet bukanlah termasuk jenis kendaraan transportasi angkutan umum yang diijinkan oleh Kemenhub, sehingga resmi dilarang beroperasi di seluruh Indonesia” terangnya saat jumpa pers tadi malam, Kamis (17/12/2015)
“Terhitung sejak Surat Pemberitahuan tersebut dibacakan, maka apapun itu nama dan jenisnya seperti Gojek, Grabike, Go Bix, Grabcar, Blue Jek  dan Lady Jek , maka mulai hari ini dan seterusnya dilarang beroperasi” kata Djoko Sasono kepada para wartawan di kantor Kemenhub.
Sumber foto: Dokumen Cendana News 
Lihat juga...