Kesan Mahasiswa UNTAG Surabaya yang Pernah Mengikuti Ekspedisi NKRI

SELASA, 29 DESEMBER 2015
Jurnalis: Charolin Pebrianti / Editor: Sari Puspita Ayu / Sumber foto: Charolin Pebrianti

SURABAYA—Ekpedisi NKRI yang diselenggarakan oleh Komando Pasukan Khusus (Kopassus) dimanfaatkan dengan baik oleh para mahasiswa untuk menempa mental pengabdian kepada masyarakat sekaligus menjelajahi keindahan Indonesia.

Iwan Rhosadi

Mahasiswa Universitas 17 Agustus (Untag) Surabaya, Iwan Rhosadi menjelaskan kebanggaannya pernah mengikuti Ekspedisi NKRI pada tahun 2014.
“Saya mengikuti ekspedisi NKRI tahun 2014, dan sekarang sedang menyiapkan berkas untuk ikut ekspedisi NKRI tahun 2016,” terangnya kepada Cendana News, Selasa (29/12/2015).
Lelaki muda berusia 23 tahun ini menerangkan selama mengikuti Ekspedisi NKRI ia mendapatkan tugas untuk meneliti flora fauna di wilayah Maluku Utara.
“Saya masuk ke dalam tim peneliti di daerah Tobelo, Ternate, Tidore, Labuha, Morotai baik flora fauna di darat, laut dan udara,” jelasnya.
Saya masuk kedalam satu tim yang terdiri dari 5 orang, yakni Kopassus, Brimob, Mahasiwa Unpad  (Universitas Padjajaran) Biologi dan Kelautan, dan Mahasiswa Untag.
“Tugas saya membuat dokumentasi untuk spesimen (sebagian atau kuantitas bahan untuk digunakan dalam pengujian, pemeriksaan, atau belajar, red) penelitian, kalau teman lain bertanggung jawab untuk penulisan jurnal,” tukasnya.
Arek Suroboyo kelahiran 4 September 1992 yang sekarang ini sedang menempuh pendidikan Fakultas Ilmu Teknik, Jurusan Teknik Informatika Semester 9 mengaku senang bisa merambah banyak tempat wisata di daerah terpencil, seperti pantai Batu Karang Kopi di Pulau Rau di Morotai Utara, bisa mengeluarkan aroma kopi pada jam 06.00 WIB dan jam 18.00 WIB. Selain itu ia bisa senang mengenal peralatan Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutsista) milik TNI.
“Selama penelitian tugas Kopassus yakni pembekalan wawasan bela negara ke masyarakat dan menjaga kawan-kawan mahasiswa,” tandasnya.
Ia mengaku senang, selama ekspedisi NKRI mendapatkan pengalaman berharga sekaligus menantang dan dapat bermanfaat bagi masyarakat.
“Harapannya semoga tidak melalui ekspedisi NKRI saja, saya bisa memberi sumbangsih lebih kepada tanah air tercinta,” pungkasnya.
Lihat juga...