Korps Marinir TNI AL Terima Penghargaan E-KKP3K


NASIONAL—Korps Marinir TNI AL menerima penghargaan Efektivitas Pengelolaan Kawasan Konservasi Perairan, Pesisir, dan Pulau-pulau Kecil (E-KKP3K) dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, bertempat di Hotel Double Tree By Hilton, Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (11/12/2015).
Dalam acara yang bertajuk Anugrah E-KKP3K : menuju Tata Kelola Kawasan Konservasi yang Efektif dan Menyejahterakan tersebut dilakukan penyerahan penghargaan untuk Mitra Konservasi oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang diwakili Direktur Konservasi dan Keanekaragaman Hayati Laut Ir. Agus Dermawan, M.Si., kepada Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Buyung Lalana, S.E.
Apresiasi ini diberikan kepada individu, organisasi tertentu maupun lembaga pemerintah yang dipandang telah berkonstribusi terhadap pengembangan pengelolaan efektif kawasan konservasi perairan, pesisir dan pulau-pulau kecil dalam kurun waktu dua tahun terakhir.
Konstribusi nyata itu terutama dalam upaya perlindungan dan pelestarian ekosistem kunci di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil seperti terumbu karang, mangrove dan padang lamun, telah mengakselerasi peningkatan efektifitas pengelolaan perikanan berkelanjutan melaui paradigma konservasi.  
Dalam amanatnya Menteri Kelautan dan Perikanan menjelaskan bahwa paradigma pengelolaan kawasan konservasi saat ini telah berubah. Kawasan konservasi Indonesia dibangun melalui rekayasa pemanfaatan ruang dan penetapan batas-batas fungsional.
“Zona perikanan berkelanjutan pada kawasan konservasi dapat dimanfaatkan untuk berbagai aktifitas yang mendukung ekonomi masyarakat, seperti wisata bahari, perikanan tangkap maupun budidaya perikanan sesuai kapasitas lingkungan. Hal ini tentunya dapa menghapus kekhawatiran akan berkurangnya akses nelayan dikawasan konservasi perairan”, imbuhnya.
Turut Hadir mendampingi Dankormar antara lain Wakil Asisten Teritorial Panglima TNI Brigjen (Mar) Gatot Triswanto, Asrena Pasmar-2 Kolonel FHJ Pardosi, Para Dankolak Kormar, Ketua Gabungan Jalasenastri Kormar Ny. Adriana Buyung Lalana beserta Pengurus.
Jum’at, 11 Desember 2015/Editor: Sari Puspita Ayu/Sumber berita dan foto: Dispen Korps Marinir
Lihat juga...