KPU Tangerang Selatan Melaksanakan Rekapitulasi Surat Suara di Tingkat Kecamatan


TANGERANG—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan hari ini, Kamis (10/12/2015) dijadwalkan akan melaksanakan proses rekapitulasi surat suara di tingkat Kecamatan. Setelah kemarin rekapitulasi surat suara di tingkat Kelurahan selesai, pagi ini ratusan kotak suara yang telah tersegel dipindahkan dari masing – masing Kelurahan menuju Kecamatan.

Pantauan Cendana News pagi ini langsung dari Gedung Djuang, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan, tampak ratusan kotak suara yang telah disegel diturunkan dari kendaraan, dengan pengawalan ketat petugas keamanan dari anggota Koramil Pamulang dan Polsek Pamulang.
Tampak beberapa petugas KPU Kota Tangerang Selatan, PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) Pamulang dan perwakilan dari ketiga pasangan kontestan Pilkada Kota Tangerang Selatan terlihat sudah berdatangan. Mereka tampak sedang berdiskusi di depan pintu masuk lantai dua Gedung Djuang, Kecamatan Pamulang.

Di halaman parkir terlihat beberapa petugas sedang memindahkan ratusan kotak suara kiriman dari PPS tingkat Kelurahan yang diangkut dengan dua truk besar ke dalam gedung. Kemudian tahap berikutnya petugas PPK  akan segera melaksanakan proses rekapitulasi perhitungan surat suara di tingkat Kecamatan masing-masing.
Secara keseluruhan, proses pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tangerang Selatan berlangsung relatif aman dan kondusif, walau tingkat partisipasi masyarakatnya terbilang rendah. Saat perhitungan di TPS, banyak ditemukan surat suara yang tidak sah dan banyak juga warga yang sengaja tidak menggunakan hak pilihnya alias golput (golongan putih).
Kota Tangerang Selatan sebelumnya merupakan kota administratif yang merupakan hasil pemekaran dari Kotamadya Tangerang, Provinsi Banten, tepatnya pada 2008 atau 7 tahun yang lalu. Dalam pelaksanaan Pilkada langsung serentak 9 Desember 2015, diperkirakan 900.000 warganya menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) masing-masing.
Berdasarkan proses hitung cepat versi ” quick count ” beberapa lembaga survei nasional, hingga 97 % surat suara yang masuk, pasangan nomor urut 3 (Airin Rachmi Diany-Benyamin) sementara unggul 60,47, % suara. Sedangkan pasangan nomor urut 2 ( Arsid-Elver Ariadiannie) mendapatkan 31,65 % suara dan terakhir pasangan nomor urut 1 (Ikhsan Modjo-Li Claudia Chandra) hanya memperoleh 7,87 % suara.
Perlu diketahui, pasangan nomor urut 3 (Airin Rachmi Diany-Benyamin) merupakan pejabat Walikota dan Wakil Walikota Tangerang Selatan periode sebelumnya. Dalam Pilkada kali ini, mereka sepakat berpasangan kembali dan maju dalam pertarungan pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tangerang Selatan periode 2015 – 2020.
“Hari ini rencananya akan dilaksanakan proses rekapitulasi surat suara di tingkat Kecamatan, setelah kemarin proses rekapitulasi surat suara di tingkat Kelurahan selesai, proses rekapitulasi cepat hanya satu hari, paling nanti sore sudah rampung.” terang Syukron, seorang petugas PPK saat ditemui Cendana News di Gedung Djuang, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan.


Kamis, 10 Desember 2015/Jurnalis: Eko/Editor: Gani Khair/Foto: Eko
Lihat juga...