KPUD Manggarai Temukan Ratusan Surat Suara Cacat

Komisioner KPUD Manggarai, Nikolaus Nirang
FLORES — Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur menemukan ratusan surat suara yang rusak. Diantaranya cacat dibagian hologram, foto pasangan calon dan lainnya.  
“Kita sudah lakukan penyortiran. Memang ada beberapa surat suara yang rusak,” ungkap Komisioner KPUD Manggarai, Nikolaus Nirang kepada Cendana News di Ibukota Manggarai, Ruteng, Selasa (01/12/2015).
Ada beberapa bukti fisik kerusakan yang ditemukan, kata Nikolaus, dari hasil penyortiran yang dilakukan pihaknya selama beberapa hari. 
“Kita sudah lakukan penelitian terkait dengan bukti fisik. Ada yang rusak, memang pada saat pencetakan hologramnya tak lengkap. Ada juga yang lain foto pasangan calon itu sedikit lecet. Itu yang rusak. Kurang lebih sebanyak 200 surat suara dari jumlah keseluruhan,” urai Divisi Penyelenggara pada KPUD Manggarai tersebut.
Selanjutnya terkait dengan hal ini, Nikolaus mengakui pihaknya telah meminta perusahaan pencetak untuk segera mencetak ulang surat-surat suara yang rusak tersebut jauh sebelum Pilkada berlangsung. 
” kita sudah langsung menyampaikannya kepada pihak perusahaan. Kurang-lebih hari ini surat suara yang kurang itu tiba di kantor KPUD Manggarai. Jumlah ini termasuk satu-kesatuan dengan surat suara cadangan sebanyak 2,5 persen dari surat suara utama itu,” tutur Nikolaus.
Nikolaus optimis, surat suara Pilkada Kabupaten Manggarai tetap bisa didistribusikan pada waktunya ke berbagai tempat pemilihan suara (TPS). Dua hingga satu hari sebelum Pilkada, KPUD Manggarai akan menyalurkan semua surat suara ke kecamatan-kecamatan.
Hari ini kita mulai dengan pengepakan untuk beberapa kecamatan terjauh. Tanggal 7 hingga 8 kita distribusikan mulai dari yang terjauh hingga kecamatan yang terdekat. Yang terjauh itu nanti tanggal 7 Desember.[JURNALIS : FONSI ECONG]
Editor : ME. Bijo Dirajo / Fotografer : Fonsi Econg
Lihat juga...