KPUD Surabaya: Kesiapan Pemilukada Sudah 95 Persen

Komisioner KPU, Nur Syamsi
SURABAYA — Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya,  Nur Syamsi menyebutkan, kesiapan penyelenggaraan pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) sudah mencapai 95 persen. Tinggal 5 persen pendistribusian surat suara ke warga yang dijadwalkan tanggal 2-4 Desember 2015.
“95 persen, yang 5 persen lagi terkait pendistribusian surat suara ke Panitia Pemilihan Kecamatan,” terangnya saat ditemui di Surabaya, Selasa (01/12/2015).
Ditanya soal C6 atau surat pemberitahuan, ia mengumumkan akan membagikan C6 pada H-3. Alasannya agar masyarakat tidak lupa pada hari pencoblosan.
“Didalam penyerahan C6, petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara berkewajiban memberitahu kepada pemilih terkait dimana lokasi pencoblosan, jam berapa, dan orang-orang disekitar lingkungan rumahnya yang tidak terdaftar di Daftar Pemilih Tetap,” tegasnya.
Sebanyak 2 juta lebih penduduk Surabaya diharapkan bisa ikut serta dalam pesta demokrasi pada 9 Desember mendatang. KPU berjanji akan transparansi data terkait hasil pemilu.
Disinggung soal Difabel dalam pemilukada, Nur Syamsi menjelaskan di setiap TPS disediakan template untuk memudahkan penderita tuna netra dalam mencoblos.
“Selain itu KPPS juga harus mengidentifikasi pemilihnya yang tuna rungu,” ujarnya.
Sedangkan untuk tuna daksa, sesuai dengan aturan KPU RI, pendirian TPS harus aksesable yaitu mudah dijangkau, tidak bertangga dan tidak berbatu. Dan terutama tempat masuk TPS bisa dilalui dengan kursi roda.
JURNALIS : CHAROLIN PEBRIANTI

Jurnalis Cendana News wilayah Jawa Timur. Gabung dengan Cendana News Mei 2015. 

Akun twitter : @charolineemoo
Editor : ME. Bijo Dirajo / Fotografer : Charolin Pebrianti
Lihat juga...